Mitos dan mistis alun-alun kidul

Menembus pohon beringin
TERASWARTA- Wisata | Tampak beberapa orang dengan mata tertutup berjalan menuju ke arah tengah dua buah pohon beringin di tengah alun-alun kidul. Ada beberapa orang justru tampak berjalan ke sana kemari tanpa arah yang jelas. Ini adalah pemandangan yang bisa kita lihat di alun-alun selatan tepatnya di depan gedung sasono hinggil dwi abad.
Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang yang dengan niatan baik dan bersih berjalan menerobos dua batang pohon beringin yang ada di tengah lapangan alun-alun selatan ini setiap doa dan harapanya akan terkabul, apapun bentuknya. Tetapi memang tak semua orang mampu melakukanya, kebanyakan akan melenceng ke sisi kanan atau kiri pohon. Tak sedikit pula yang kemudian justru berhenti di tengah jalan dan tidak melanjutkan karena jauh melenceng arahnya.
Alun-alun kidul http://www.teraswarta.com
Alun-Alun Kidul merupakan wilayah di belakang kompleks bangunan Kraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, Alun-Alun Kidul merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang memiliki watak ribut. Karenanya, Alun-Alun Kidul dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa. Dan jelas kini sudah menjadi tempat ngleremke ati (menenangkan hati) bagi banyak orang.
Pada hari libur anda akan mendapatkan ramainya tempat ini dengan berbagai aktifitas lain yang melengkapi bahasan artikel di atas. Anda bisa mendapati berbagai tempat yang di gelar di sepanjang lingkaran alun-alun ini yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman seperti wedang ronde. Maka semakin lengkap kiranya anda menghabiskan waktu untuk sekedar melepas lelah dan letih dari aktifitas keseharian anda.
Tersedia juga berbagai macam bentuk sepeda tandem atau juga yang beroda empat untuk anda yang bisa anda sewa dengan berbagai macam bentuk dan hiasan. Sebuah tempat yang juga layak untu anda kunjungi di akhir pekan anda bersama teman atau keluarga anda.
Dan jangan lupa cobalah untuk menembus beringin kembar sambil memanjatkan permohonan anda. Bukan sesuatu yang pasti juga namun kiranya tak ada salahnya mencoba hal ini. Siapa tahu memang mitos yang ada sungguh terwujud. Selamat mencoba.
(chipriant / diolah dari karya asli yang juga termuat pada AP.com)