Menjaga dan Merawat Kesehatan Ginjal
TERASWARTA – Kesehatan | Sahabat teras, salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh kita selain jantung masih ada banyak lagi di antaranya adalah Ginjal. Hal ini lantaran fungsi dari Ginjal itu sendiri sebgai pengatur keseimbangan tekanan darah, kesimbangan asam basa, mempertahankan kalsium dalam tulang serta merangsang kinerja sungsum dalam tulang kita untuk memproduksi sel darah merah.
Dari hal di atas maka bisa kita bayangkan seandainya Ginjal kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Maka tentunya wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan Ginjal kita. Berikut adalah tips bagaimana merawat kesehatan Ginjal :
Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh :
Hal ini penting anda lakukan agar sirkulasi air yang keluar dari dalam tubuh melaui keringat dan lainnya dapat terus tergantikan. Hal ini tentu kemudian juga sangat baik untuk menjaga kesehatan Ginjal kita.
Hidup dengan pola makan yang sehat :
Hidup dengan cara satu ini sangat ampuh dalam menjaga kesehatan Ginjal. Pemilihan makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh yang sebisa mungkin menjauhi makanan yang mengandung unsur kimiawi adalah pilihan paling tepat. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan non organik (non kimia) kemudian masaklah dengan sebisa mungkin mengurangi penggunaan garam yang berlebihan.
Jauhi Minuman beralkohol :
Hentikan mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini lantaran dengan mengkonsumsi minuman beralkohol, terlebih bagi para pecandu minuman ini dampaknya adalah naiknya tekanan darah dalam tubuh yang akibatnya adalah kesehatan ginjal akan terganggu. Maka berhenti mengkonsumsi minuman ini adalah hal yang sangat baik dan harus anda lakukan.
Jauhi Rokok :
Tak kalah pentingnya dengan menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol menghentikan merokok juga sangat dianjurkan demi kesehatan ginjal anda. Hal ini lantaran kandungan nikotin yang berada dalam rokok akan menjadi salah satu penyebab gangguan dalam kinerja ginjal.
Menjaga kesehatan fisik :
Hal ini bisa anda lakukan dengan cara selain mengkonsumsi makanan yang sehat juga berolahraga secara rutin. Lakukanlah ini barang sejenak di sela-sela aktifitas anda.
Menjaga tekanan darah dalam tubuh :
Darah tinggi diketahui sebagai salah satu penyebab penyakit ginjal ini. Maka anda harus sebisa mungkin menjaga tekanan darah agar tidak melonjak. Hal ini dapat anda lakukan dengan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu naiknya kadar tekanan darah dalam tubuh.
Demikian sahabat teras, beberapa tips merawat serta menjaga ginjal agar selalu sehat. Semoga manfaat.