Mengurangi Resiko Bisnis

Mengurangi resiko bisnis
TERASWARTA – Bisnis | memilih sebuah usaha memang bukan hal yang begitu saja dapat dilakukan terlebih bagi mereka yang baru berkeinginan terjun ke dalam dunia bisnis pribadi.
Saat ini menjadi seorang pengusaha baik besar atau kecil memang menjadi pilihan begitu banyak orang. Hal ini juga dipicu terbatasnya lapangan pekerjaan. Begitu banyak para pencari kerja yang lantas berubah fikiran untuk berdiri sendiri sedang resiko akan sebuah kegagalan adalah salah satu faktor yang harus juga dipetimbangkan.
Kegagalan-kegagalan yang terjadi itu memang dipengaruhi oleh banyak hal baik dari dalam maupun luar. Lebih lanjut soal ini maksudnya adalah kegagalan yang memang disebabkan oleh  diri kita sendiri atau oleh orang lain termasuk pasar dalam ini.
Untuk mengurangi resiko kegagalan dalam usaha anda berikut tips yang teraswarta berikan untuk anda. Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai sebuah usaha apapun bentuknya.
Melihat peluang :
Maksudnya sebelum anda memulai sebuah usaha coba lihatlah peluang apa yang ada. Lebih baik adalah peluang yang terdekat dengan hidup anda saat ini tentunya. Atau bila hendak ke luar dari lingkungan anda lihatlah sungguh-sungguh peluang yang anda dapatka itu akan bertahan lama atau tidak. Sebagai contoh : sedang ada proyek pembangunan pengeboran air bersih, peluang yang ada adalah membuka warung makan namun ini  bisa jadi tidak akan lama karena setelah pembangunan selesai maka pembeli yang awalnya datang dari pekerja sudah tidak ada.
Melihat kemampuan :
Hal ini berasumsi bahwa usaha yang akan and dirikan adalah sebuah usaha yang memang anda tahu seluk beluknya. Banyak pengusaha yang kemudian mengalami kegagalan lantaran tidak sepenuhnya paham dunia usahanya sendiri sedangkan bila harus menggunakan jasa seorang ahli sudah barang pasti akan membutuhkan budget lebih banyak. Sebagai contoh : terdapat peluang dari kebutuhan orang akan konsumsi ikan air tawar lalu anda membuat sebuah kolam sedang sebenarnya anda tidak terlalu paham bagaimana cara memelihara ikan dan jenis ikan dengan baik.
Melihat dana anda :
Hal ini adalah untuk melihat sejauh mana anda mampu membuat sebuah usaha. Tujuan lainnya adalah agar saat terjadi sebuah resiko anda telah siap dengan dana yang memang digunakan dalam langkah awal anda membuat sebuah usaha yang biasanya belum ada laba.  Ini berarti juga saat anda membuaka usaha sesuaikanlah dana anda sendiri. Tak harus besar dulu. Sebagai contoh bila anda memiliki dana 8 juta rupiah maka gunakanlah 5-6 juta dulu sedang sisanya gunakan sebagai dana cadangan terhadap resiko sehingga usaha anda akan tetap bertahan.
Melihat bentuk kerjasama :
Ini berasumsi anda membuat usaha anda tidak sendiri melainkan ada rekan kerja. Maka carilah rekanan yang sungguh-sungguh sejalan maksud dan pola pikirnya sehingga tidak akan memperbesar resiko perpecahan terhadap usaha yang dibangun. Lantaran banyak kasus ketidak samaan pandangan dan tujuan ini menyebabkan timbulnya masalah pada saat gagal ataupun berhasil.
Menentukan tempat :
Maksud di sini adalah anda memang harus memilih tempat dimana anda akan membuka usaha anda. Di dalam rumah anda sendiri atau keluar rumah. Ini menentukan potensi dari usaha yang anda buat, sejauh mana usaha anda akan berkembang dan tidak tempat ini juga turut menentukan.
Sadar resiko :
Saat anda memulai usaha pelajari juga segala resikonya sehingga anda akan siap menghadapinya. Tak jarang saat memulai sebuah usaha kita hanya melihat peluangnya, berusaha mendapatkan peluang itu lantas lupa pada resiko yang harus kita siapkan bila terjadi sebuah kesalahan tentunya.
Demikian tips meminimalkan kegagalan dalam usaha. Semoga manfaat.