Ilustrasi
TERASWARTA – Kesehatan | Salah satu hal yang paling menakutkan bagi kita terutama para wanita adalah kanker payudara. Lantaran memang penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang banyak membawa kepada kematian.
Berawal dari adanya pertumbuhan sel yang tidak semestinya pada kelenjar payudara membuahkan benjolan yang kita kenal dengan nama tumor. Namun tidak semua tumor yang tumbuh pada payudara kemudian bisa dikatakan sebagai kanker. Ada dua jenis tumor yang kita kenal yakni tumor ganas dan tidak. Tumor ganas inilah yang tergolong sebagai kanker. Hal yang membedakan lagi pada tumor  adalah cara penanganannya. Bila salah seseorang telah dinyatakan bertumor ganas maka harus sesegera mungkin melakukan tindakan seperti pengangkatan dan lain sebagainya.
Resiko penyakit  yang lebih banyak dialami oleh para wanita ini memang berawal dari banyak faktor seperti pola hidup yang tidak baik, bisa juga gen bawaan dari garis keturunan.
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai deteksi dini mengenal kanker payudara. Sebuah hal bisa bisa para sahabat teras wanita lakukan sendiri. Ini sebagai salah satu cara untuk mendeteksi  tumor pada payudara anda, seperti berikut :
Perabaan wilayah payudara :
Caraya cukup sederhana, yaitu dengan mengangkat tangan dari sisi payudara yang akan kita periksa. Apabila akan memeriksa payudara yang sebelah kiri maka angkatlah tangan kiri anda. Kemudian gunakan ujung-ujung jari anda yang kanan untuk meraba daerah payudara anda sampai ke tempat yang terjauh yakni yang mendekati ketiak anda. Rasakanlah apakah terdapat benjolan keras pada payudara anda. Bila iya maka ada baiknya anda periksa untuk memastikannya.
Memperhatikan bentuk Payudara :
Cara ini adalah dengan memperhatikan bentuk payudara anda sendiri. Hal yang biasa memang bila terjadi perbedaaan ukuran lantaran aktifitas otot yang kita lakukan. Seperti halnya tangan kanan dan kiri. Bisa juga akibat menyusui, maka catatan yang penting adalah perhatikan perbedaaan yang tidak biasanya anda rasa juga berat payudara anda. Jika terjadi perbedaan yang mencolok maka ada baiknya anda memeriksakan diri untuk meyakinkan pengamatan anda sendiri.
Kulit payudara mengerut :
Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang dengan  indikasi penyakit ini, tentu saja bukan oleh karena faktor usia. Amati hal ini secara benar-benar seiring waktu anda.
Keluar cairan aneh :
Maksudnya adalah bila dari puting anda keluar cairan berupa darah, nanah, atau bisa juga cairan encer dari payudara anda. Sesegeralah memeriksakannya ke dokter atau rumah sakit terdekat di kota anda.
Posisi puting payudara berubah :
Indikasi lain yang biasanya terjadi sebagai akibat terjadinya kanker pada payudara wanita. Puting payudara akan tertekan ke dalam atau berubah dari yang biasanya anda rasa.
Ini beberapa tips untuk mengenal dan mendeteksi ciri-ciri umum kanker payudara. Tidak ada yang berharap akan penyakit yang satu ini, maka jagalah pola hidup sehat anda. Demikian tips kesehatan mendeteksi penyakit kanker payudara di antara cara-cara lainnya. Semoga bisa menambah referensi pengetahuan anda dan bermanfaat.