Komplek Ziarah Candi Ganjuran

Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran

TERASWARTA – Wisata Religi | Kehidupan rohani tentu adalah hal mutlak untuk kita yang notabene adalah negara yang bahkan menempatkan Tuhan sebagai yang utama dalam dasar negara.

Dalam kehidupan rohani lantas di kenal juga istilah Ziarah, yaiutu sebuah perjalanan yang dalam ini adalah ke tempat-tempat yang memang sengaja di bangun untuk berdoa atau sejenak menenangkan budi dan hati. Untuk sepenuhnya berdiam diri dan berdoa kepada Tuhan.
Berikut adalah sebuah tempat ziarah bagi anda umat Kristiani. Sebuah tempat yang kiranya tak asing kita dengar. Sebuah candi yang berada di antara bangunan Gereja, yang terletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nama tempat Ziarah ini adalah Candi Hati Kudus Yesus. Lebih tepatnya berada di desa Ganjuran, Bambanglipuro, Bantul atau 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.
Komplek candi ini berisi beberapa bagian bangunan menempati luas tanah 2,5 hektar. Gereja dengan ciri khas Joglo dengan hiasan ukiran jawa, demikian juga dengan patung malaikat yang ada di altar juga berbusana jawa. Demikain juga dengan patung Yesus. Hal ini ingin menunjukkan bagaimana gereja pada masa itu menyesuaikan diri dengan adat budaya jawa juga budaya hindu yang terlihat dalam bangunan candi di sisi timur gereja Ganjuran ini.
Candi Ganjuran

 

Sebuah bangunan Gereja yang berdiri pada tanggal 16 April 1924. Dewan awal mula umat yang berjumlah 22 orang yang dipimpin oleh seorang pastor Yesuit bernama Van Driessch sekaligus sebagai pastor pertama.
Tak selang lama, atau tiga tahun sesudah pembangunan Gereja ini masyarakat lantas memabngun sebuah bangunan candi dengan ketinggian 10 meter berbentuk mirip dengan candi prambanan. Dengan patung Yesus lengkap dengan pakaian yang menggambarkan seorang Guru Jawa atau penguasa Jawa. Tak begitu saja, candi yang diresmikan pada tanggal 11 Februari 1930 ini dibangun dengan pintuu dari arah selatan mengahdap ke utara sebagai cerminan orang Jawa pada sebuah harmonisasi pada arah utara dan selatan. Hal ini senada dengan sejarah keraton dan mitologi laut selatan dan Gunung Merapi.
Ciri khas Ornamen Jawa pada Altar Gereja
Sebuah tempat wisata religi yang sarat sejarah dan juga sebagai sebuah tempat yang cukup nyaman untuk anda berdoa baik pribadi atau bersama keluarga anda tercinta. Pada malam jumat pertama juga diadakan misa di tempat ini juga misa dengan kekhasan gemelan dan tata cara jawa yang sangat kental dimana para Pastor juga akan menggunakan pakaian Jawa.
Sebuah tempat yang tak sulit untuk anda capai. Anda cukup berjalan lurus ke arah kota bantul sampai anda menemukan sebuah papan penunjuk jalan. Tak cukup jauh dari jalan utama, bahkan apabila and menggunakan kendaraan umum.
Di komplek Gereja dan Candi ini anda juga bisa menemukan toko-toko yang memajang keperluan berdoa atau juga pernak-pernik rohani seperti rosario, buku doa, lilin dan lain sebagainya.
Dari tempat ziarah ini apabila anda akan melanjutkan perjalanan ke pantai Samas atau Depok dan Parangtritis juga tidak terlalu jauh. Sebuah wahana wisata religi yang layak anda kunjungi sebagai pemenuhan hidup rohani anda dan keluarga. Semoga manfaat.