Ilustrasi Fungsi Hormon

TERASWARTA – Kesehatan | Hormon testosteron adalah hormon reproduksi yang ditemukan ppada tubuh laki-laki maupun perempuan, meski dalam kenyataannya hormon ini lebih banyak ditemukan pada pria.

Hormon testosteron ini ternyata bukan hanya sebagai hormon reproduksi saja rupanya melainkan memiliki fugsi lain bagi kaum pria ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya :
Seksusalitas :
Hal ini menyatakan sebuah maksud bahwa hormon testosteron pada pria adalah sebagai salah satu pengatur terhadap munculnya dorongan seksual.
Fisik :
Dalam hal ini hormon testoren teron memiliki fungsi yang bertanggungjawab terhadap pertumbuhan fisik pria. Yang diantaranya mengatur pertumbuhan otot serta tulang, perkembangan testis dan penis serta sudah barang pasti produksi sperma.
Suara :
Maksud dari ini adalah bahwa hormon testosteron mampu menjadi pengubah suara pada pria terutama di masa pertumbuhan atau masa pubernya. Selama masa yang biasa dikenal dengan masa transisi ini tanpa di sadari terjadi lompatan warna suara menjadi lebih rendah atau tinggi. Maka hormon inilah yang juga sebagai penentunya.
Menjaga tingkat energi :
Dalam hal ini hormon berperan sebagai pengatur energi pad pria. Sering ditemui bahwa rendahnya kadar testosteron seorang pria mempengaruhi juga pada turunya tingkat energinya.
Mentalitas :
Maksud disini adalah yang berkaitan dengan suasana hati. Testosteron dapat membantu para pria dalam menjaga suasana  hati. Kadar testosteron yang rendah sekali atau bahkan tinggi sekali dapat menyebabkan adanya perubahan juga pada suasana hati atau tidak stabilnya suasana hati seorang pria.
Demikian sedikit pembahasan pada kolom kesehatan, tentang peran penting hormon testosteron bagi para pria. Semoga menambah wawasan kita.