Gobak sodor
TERASWARTA – Budaya | masih ingatkah anda dengan permainan-permainan jaman dulu yang lambat laun telah terlupakan dan bahkan mungkin banyak yang tak lagi mengenalnya. Permainan yang biasanya dimainkan disaat bulan purnama di depan halaman. Dimana anak-anak bermain dan yang tua saling bercanda dan mengobrol dengan ditemani makanan alakadarnya serta teh manis.
Apa saja sih permainan-permainan anak yang sudah terlupakan. Berikut  teras warta coba menulisnya untuk anda sebagai pengingat. Bahwa masa-masa kanak-kanak yang semacam ini sebenarnya sangat menyenangkan.
Pemainan gobak sodor :
Permainan ini adalah permainan yang pada awalnya berasal dari bahasa asing “Go back to door”. Permainan yang memang harus masuk dan keluar melalui pintu yang sama. Permainan dengan batasan garis kotak yang masing-masing garis lurunya akan dijagai oleh satu orang pemain. Maka dua kelompok bermain harus ada dengan peran yang satu kelompok sebagai penjaga sedang yang satu berusa masuk dan keluar lagi dengan mengecoh penjaga agar tidak tersentuh.  Sebuah permainan yang membutuhkan kerjasama team.
Permainan Jamuran :
Permainan yang dimainkan oleh beberapa anak yang membuat sebuah lingkaran dengan pemain satu di tengah yang akan menentukan pemain yang dilingkaran nantinya akan memperagakan sebagai apa. Misal jamur kuping, maka yang di lingkaran harus jongkok sambil memegang kuping atau yang lain sesuai dengan kesepakatan para pemain.
Ular naga
Permainan ulo-ulo dowo (ular naga) :
Permainan ini adalah permainan yang dimainkan beberapa anak yang membentuk barisan dengan saling berhubungan dengan memegang pundak depanya atau pinggang. Paling depan akan berperan sebagai kepala. Mereka ini nantinya akan berjalan berkeliling melalui sebuah gerbang. Gerbang ini dimainkan dua orang yang berperan sebagai penangkap. Sebelumnya gerbang yang terdiri dua orang ini telah memiliki kunci sebuah pilihan. Nah, yang tertangkap di pisahkan dari barisan dan akan ditanya memilih apa. Setalah memilih akan berdiri dibelakang orang yang berperan sebagai gerbang. Setelah habis maka dua kelompok yang dihasilkan oleh masing-masing gerbang ini akan saling memperebutkan ekor masing-masing. Seru sekali permainan ini.
Ini tiga permainan yang kian lama hilang dari keseharian kita di samping permainan lain yang akan teraswarta cari nantinya untuk disuguhkan kepada anda sekalian sebagai sebuah info menarik.