CPNS oh CPNS

pencari SKCK
TERASWARTA – Warta| Pemerintah membuka lowongan pekerjaan. Hal ini yang lantas membuat polsek, polres dan dinas tenaga kerja kebanjiran tamu para pencari syarat pendaftaran untuk lowongan ini. Puluhan, ratusan bahkan jutaan orang mulai sibuk di beberapa daerah dengan pencarian syarat-syarat untuk masuk dalam deretan pendaftar kerja di Instansi pemerintahan yang saat ini membutuhkan tenaga kerja dibeberapa formasi.
Puluhan dan bahkan ratusan orang yang rela antri dari pagi sampai siang ini saling berlomba untuk mencoba masuk dalam instansi pemerintahan untuk memperebutkan posisi di antara ratusan atau ribuan pelamar bahkan untuk satu lowongan kerja.
Terlihat jelas bagaimana antusias para pencari kerja ini yang kemudian seolah tanpa merasakan lelah menunggu antrian demi antrian, juga harus mondar mandirnya mereka dari dinas ke dinas untuk memenuhi, sekali lagi persyaratan dari penyelenggara lowongan kerja yakni pemerintah.
Pencari Kartu Kuning

Sahabat teras, miris dan juga sedih. Itulah yang saya rasakan melihat situasi ini. Dalam hati saya hanya berkata inilah yang nyata saat ini. Bagaimana susahnya mencari lapangan kerja juga mencari penghidupan yang layak. Sedang disisi lain untuk menjadi seorang pengusaha bagi diri sendiri juga bukan hal yang murah atau mudah.

Sahabat teras, mungkin karena saya hanya sang penonton saat itu (9-10/9/2013). Saya hanya berfikir betapa besar harapan yang diinginkan masyarakat akan tersedianya sebuah lapangan kerja. Begitu banyak lulusan SMU sampai bahkan sarjana yang membutuhkan lapangan perkerjaan. Memang benar banyak sekali himbauan dan juga didirikan sekolah-sekolah kejuruan. Hanya sekali lagi memang tidaklah mudah dan murah membuat sebuah usaha, belum lagi persyaratan lain di luar persaingan yang ada apabila akan membentuk sebuah usaha. Apalagi yang berbadan hukum.
Lalu apa yang harus dilakukan? Jawabannya tak banyak yang tahu dan kebali kepada diri anda sendiri. Saya hanya kemudian tidak heran jika banyak warga kita yang memilih pergi keluar negeri meski hanya sebagai (maaf) pembantu rumah tangga karena memang senyatanya begitu. Sangat sedikit lapangan pekerjaan di negeri sendiri.
Semoga pemerintah semakin memperhatikan hal ini. Bahwa ada sekian banyak orang yang sungguh berharap akan lapangan kerja yang disediakan oleh pemerintah. Dan semoga bila tidak sebagai Pegawai Negeri Sipil ada banyak solusi yang diberikan oleh pemerintah yang tetu saja dengan segala persyaratan yang memudahkan meski harus dengan segala aturannya bagi para muda yang ingin membentuk sebuah usaha kecil atau besar. amin
(catatan/opini by : chipriant)