Cara Memulai Bisnis

Cara Memulai Bisnis
TERASWARTA – Ekonomi dan Bisnis | Bisnis adalah suatu organisasi atau sekumpulan orang untuk melakukan kegiatan dalam bekerja dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan atau laba. Bisnis bisa berupa pekerjaan dan bisa berupa hasil karya anda dan dapat diperjual belikan. Bisnis adalah yang paling mudah asalkan kita dapat mempunyai modal yang cukup melalui tabungan sendiri atau pinjaman. Modal bisnis tidak harus mempunyai modal yang besar, modal yang kecilpun anda dapat berbisnis, tergantung bisnis yang anda ingin kerjakan. Contoh bisnis kecil : Anda mempunyai modal Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 500.000 dapat mempunyai bisnis pulsa, tidak mesti mempunyai tempat untuk anda sewa, anda cukup menjual dari teman-teman kampus, teman-teman kerja, ataupun teman-teman di rumah, atau perlu yang sedang maju adalah melalui on line, dengan menjual produk yang dibutuhkan konsumen, lalu tinggal transfer. Gampangkan!
Dalam dunia bisnis anda harus dapat mengenal yang namanya arti berusaha semaksimal mungkin, saingan, bahkan kegagalan. Kita akan simak satu persatu dari unsur-unsur diatas.
1. Berusaha semaksimal Berusaha semaksimal itu adalah usaha agar bisnis yang anda jalani dapat berjalan dengan baik, maju dan sejahtera selamanya. Terkadang orang banyak yang ingin sukses tapi tidak ingin berusaha maksimal maka terjadinya beban fikiran yang tidak mampu dia jalani tapi mampu dia khayalkan. Inilah orang yang ingin hidup enak, ingin menjadi orang kaya tanpa berusaha. Berusaha untuk melakukan promosi, berusaha untuk melakukan adanya pegawai baru untuk bisnis yang besar, berusaha mencari modal sendiri atau pinjaman. Berusaha menempati dirinya sebagai orang yang selalu mempunyai keinginan yang teguh dan selalu ingin maju.
2. Saingan Saingan adalah musuh kita sebagai pembisnis, secara sehat musuh kita ada di mana-mana, asalkan tidak sikut kanan dan sikut kiri untuk menghadapi yang namanya pesaing, apalagi jika saingannya dekat dengan lingkungan bisnis kita. Anda harus tau dimana anda persaingan dimana ada perubahan. Manfaat dari adanya persaingan adalah kita akan terus berfikir bahwa produk kita harus lebih baik darinya agar lebih diminati oleh konsumen, agar lebih dapat dihargai oleh konsumen. Serta yang dapat di lihat dari konsumen adalah harga. Harga dapat menjamin kesuksesan bisnis kita. Semakin mahal harga maka kualitas semakin terjamin bahkan semakin harga murah maka kualitas semakin menurut. Dari berbagai macam harga, konsumen dapat memilih mana harga yang dapat menyesuaikan dengan pendapatan mereka. Murah atau yang mahal? Itu akan membuat pelanggan betah dan merasa nyaman untuk berbelanja di toko anda atau menjadi pelanggan yang setia. Kemudian untuk masalah promosi, semakin banyak saingan, maka promosi harus lebih ditingkatkan dari mulai promosi secara tertulis maupun secara tidak tertulis. Semua media dapat memberi kabar agar semua pembaca, pendengar dan melihat dapat mengetahui produk apa saja yang murah, serta produk apa saja yang baru anda luncurkan. Maka dari itu anda harus mempunyai modal yang sbesar dalm melakukan promosi, tapi anda bisa menghasilkan keuntungan tiga kali lipat lebih besar dibandingkan modal yang anda keluarkan untuk mempromosikan produk atau jasa anda.
3. Kegagalan Kegagalan dalam berbisnis itu sebenarnya adalah hal yang biasa, dalam melaksungkan usaha dalam bisnis anda. Jangan pernah ada fikiran untuk anda menyerah dan putus asa dalam memperjuangkan usaha anda yang sejak lama anda impikan. Anda harus tau banyak pertanyaan dalam fikiran anda yang harus anda tanyakan.
a. Kenapa anda bisa gagal?
b. Darimana kegagalan itu berawal?
c. Bagaimana cara mengatasi kegagalan tersebut?
d. Dimana letak kegagalan itu?
e. Siapa yang mencoba membuat kegagalan tersebut?
Tentu jawaban ini harus anda fikirkan sendiri, apakah semua salah anda sendiri sebagai pendiri bisnis, apa karena kurangnya modal, atau kurangnya kerja sama antar karyawan lainnya. Jika anda berusaha menyerah dan putus asa ketika menerima kegagalan, maka anda termasuk orang yang menyerah sebelum berperang. Kegagalan itu sudah menjadi darah daging di awal pemula sebagai pembisnis, kecuali anda sudahbertahun-tahun bisnis tapi gagal terus maka harus adanya perbaikan dalam bisnis anda sendiri.
Jangan pernah menyerah selama anda masih berusaha menjadi yang terbaik untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua orang. Persaingan bisnis sudah ada dimana-mana tergantung kita yang harus pintar-pintar mencari cela dimana ada peluang disitu ada jalan, dan dimana ada naungan disitu ada kesempatan. Hidup yang pola ekonomi yang semakin melonjak naik membuat kebutuhan hidup kita semakin hari semakin banyak. Maka dari itu bisnis sudah tersebar luas dimana-mana, ada orang yang ingin berbisnis, ada juga orang yang ingin bekerja karena adanya jaminan hidup, kesehatan untuk keluarganya ataupun diri sendiri. (oleh : Kodhijah)