Melupakan Mantan

TERASWARTA – Opini | Fikiran yang engkau sembunyikan dari masa lalumu membuat hidupmu saat ini menjadi galau, risau dan sering uring-uringan di kamar. Walau dalam keadaan ramaipun dirimu tetap saja masih terkadang mengenangnya bahkan membicarakannya, sungguh ini yang namanya penyakit psikologi yang menghantuimu disaat kamu masih mencintai orang yang tak lagi bersamamu. Semua penyakit pasti ada obatnya termasuk penyakit yang satu ini, penyakit yang satu ini sebenarnya ada obatnya, tetapi penyakit ini mungkin sulit diobati, tapi tenang saja, hidup ini milik kita bersama jadi tak perlu merasa orang lain saja yang memilikinya, kita juga berhak.

 Sekarang kita bahas yang namanya mantan, mantan kekasih adalah seseorang yang pernah ada di hati kita untuk kita lupakan masa indah saat bersamanya ataupun dikenang semasa hidup kita, yang bertujuan untuk menghindarinya. Menghindari seorang mantan mungkin mudah, tapi untuk melupakannya terasa berat, sebenarnya tergantung mantan kita juga mantan yang seperti apa? Apa dia satu kampus dengan kita? Atau dia satu kelas dengan kita? Atau mungkin tetangga kita? Dan terlebih lagi dia mungkin teman kerja kita? Sungguh ini sangat membuat kita bingung seribu bahasa yang akan kita ucapkan saat orang lain membicarakan tentang dia dihadapan kita. Apa kita harus diam atau komentar?
Cara melupakan seorang mantan adalah cara yang mungkin sulit bagi anda yang belum dibiasakan. Dengarlah melupakan mantan itu adalah tantangan hidup anda yang harus anda hadapi sedemikian mungkin, setidaknya anda dapat memahami bagaimana cara menerima keadaan ini walau sepahit yang dimiliki.
Mantan kekasih yang sulit dilupakan adalah mantan kekasih anda yang pernah anda pacari sekian lama, mungkin bisa setahun ataupun dua tahun dapat anda miliki, disaat suka duka bersama kalian lalui dengannya, sekalinya putus, rasanya confusion. Sebenarnya sih, caranya mudah asalkan kalian memiliki kemauan, kemampuan dan kehidupan. Percuma anda membaca semua ini jika kalian tak memiliki kemampuan dan kemauan.

Cara-cara melupakan mantan kekasih :

1. Simpan barang-barang yang pernah diberikan padanya Menyimpan barang-barangnya bukan berarti membuangnya, itu namanya tidak menghargai pemberiannya, bisa kamu kasih ke orang yang membutuhkan, tetangga kamu mungkin, atau ke panti asuhan, semoga kalian mendapat pahala.
2. Hapus kontak yang ada di handphone termasuk delcont Menghapus kontaknya belum tentu anda dapat menghapus dirinya dari hatimu, maka dari itu, tahap yang satu ini, untuk tidak sering-sering kamu tau tentang dirinya saat dia buat status, ataupun melihat kontaknya untuk sms ataupun telepon dia, dan bisa juga kamu menunggu inboxmu dapat sms tiba-tiba darinya.
3. Hindari teman-teman mantan yang mungkin jadi teman kamu juga Menghindari temannya bukan berarti memutuskan tali silaturahmi lhoh, menghindari hanya sesaat selama masa menyembuhan untuk melupakan mantan yang masih menghantui fikiranmu.
4. Buka hatimu untuk orang lain (lawan jenis) Mencoba rileks ketika melihat orang-orang di sekitar anda untuk menuju dan menarik perhatian orang yang kamu sukai atau memperhatikan orang yang menyukai anda, menatapnya dengan berbagai kebaikan yang tidak dimiliki oleh mantan kekasih kamu sebelumnya.
5. Ingatlah kejelekan yang pernah dia berikan untukmu Ketika menjadi sepasang kekasih, yang dibicarakan hanya kejelekannya masing-masing, dan tetapi ketika putus, yang diingat hanya kebaikannya, hanya wajahnya, hanya romantikanya. Stop!
6. Hindari tempat-tempat yang mungkin pernah kalian kunjungi bersamanya Menghindari saat masa-masa penyembuhan bukan berarti selamanya anda tak ingin ke tempat itu lagi, coba hindari sejenak jiak sudah melupaknnya sungguh-sungguh maka ketahuilah bahwa tempat itu bukan musuh anda dan bukan air mata anda.
7. Jadikan air mata sebagai curhan hati Air mata yang menetes mungkin teras sakit sekali, bahkan terasa sangat mudah berlinang di pipi. Tapi kalian harus mengetahui bahwasanya air mata itu adalah kenikmatan, air mata itu adalh mutiaramu dan air mata itu adalah curahan hatimu yang harus kalian rasakan ketika seserang yang menyakitimu lalu menyia-nyiakanmu utnuk kesekian kalinya kalian menyakitinya. Jangan menganggap air mata itu adalah negative untukmu. Air mata seorang wanita itu adalah kekuatan sejati yang ada di hati yang tak perlu semua orang mengetahui seberapa banyak air mata kita yang kita keluarkan untuknya. Allah akan membalas setetes air mata yang kita keluarkan pasti ada balasan untuknya. Jika kalian ingin menangis, menangislah, tanpa kalian memendamnya, karena itu termasuk beban yang harus kalian keluarkan secepatnya sebelum membeku dan membusuk hingga menyebabkan sesak nafas dan sakit di dadamu. Tapi janagn menangis didepan umum lhoh. Jangan biarkan orang lain mengetahui bahwa kita sedih, tapi biarkan Allah yang mengetahuinya bahwa kita menangis karena sakit, sakit dalam hati karena mantan kekasih yang tak bertanggung jawab akan air mata ini. Insyaallah Allah akan membalasnya.
8. Menerima kenyataan, ikhlas, syukurilah dan berdoa Menerima kenyataan hidup yang pahit itu memang sulit, tapi ingatlah bahwasanya segala cobaan hidup itu pasti ada pelajaran yang dapat kita ambil, ketika kalian putus dengan kekasih yang sangat anda cintai, bahwasanya disitu ada yang namanya kekuatan jasmani dan rohani untuk dipertahankan, kedewasaan yang kalian miliki semakin bertambah, introspeksi diri yang semakin tinggi dipikiran anda, bahkan mendapatkan yang lebih baik dari sebelumnya. Terimalah dengan ikhlas segala yang kau miliki, syukurilah, cintailah diri anda sendiri seperti anda mencintai mantan kekasih kita dulu.
9. Sayangilah orang yang mencintai anda Menyayangi orang yang mencintai anda itu banyak, ada sahabat, saudara bahkan orang tua. Dialah yang mensupport anda bukan kekasih anda yang meninggalkan anda tanpa bertanggung jawab dengan air mata anda. Lihat disekeliling anda bukan melihat kebelakang anda.
10. Merubah pola fikir Merubah pola fikir adalah merubah fikiran anda untuk lebih positif dengan masa dengan bukan ke amsa lalu untuk selalu mendidik fikiran anda agar terus berpositif thinking dan sikappun akan menjadi lebih positif. Jangan pernah berfikir bahwa anda tidak dapat memiliki kekasih yang lebih baik darinya, fikiran seperti itu salah besar bahkan akan membuat fikiran anda menjadi lebih negative dan sikap yang negative juga. Dan orang lainpun akan melihat kalian sebagai orang yang negative juga.
11. Kejarlah cita-citamu Belajarlah menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain, bukan menjadi orang yang selalu mempersulitkan orang lain, kalian akan selalu dibutuhkan oleh orang lain, jika anda berguna bagi mereka. Kemanapun kalian pergi pasti akan di cari. Kejar cita-citamu setinggi langit, bukan mengejar cintamu setinggi langit, yang anda cintamu akan pergi sejauh-jauhnya. Memperbanyak kegiatan membuat hidupmu lebih berarti dibanding membiarkan waktumu tersia-sia untuk menangis karena hal yang tak bermanfaat untukmu, apalagi jika yang ditangisi tidak pernah tau apa yang kau rasakan dan apa yang kau inginkan.
12. Bergaullah dengan banyak teman atau teman baru Semakin banyak teman maka hidupmu akan semakin berwarna, carilah teman sebanyak-banyaknya agar kalian dapat memiliki pengalaman yang lebih indah dari pengalaman sebelumnya, mungkin kalian dapat menemukan jodoh kalian disana. Dan pergilah keperpustakaan untuk perbanyak baca buku yang membuat fikiranmu lebih rileks dan tenang.
13. Hindari rasa dendam Jangan pernah dendam terhadap mantan kekasihmu untuk membalas kelakuannya yang lebih menyakitkan, dendam itu dosa, Allah tak menyukainya. Ijinkan semua berjalan apa adanya hukum di dunia dan di akhirat tetap berlaku, pasrahkan semua keadaan Allah yang menanggungnya bukan dirimu yang mempermainkan keadaan tersebut. Kalau kalian sama-sama menyakiti berarti sama-sama gila dong.
Carilah kehidupan barumu jika engkau memiliki kehidupan yang lama, dapatkan cintamu yang baru jika engkau memiliki cinta yang lama, mungkin mantan kekasihmu bagai raja yang memberimu kebahagiaan, tapi engkau harus tahu bahwasanya raja akan membuatmu sebagai budaknya karena keadaan yang menuntutnya. Pandanglah seseorang dari hatimu bukan dari fikiranmu, karena hatimu akan menentukan dimana kenyamanan cintamu berada, bukan dalam fikiranmu yang hanya memikirkan fisik dan materi saja tanpa menilai hati seseorang yang tulus mencintaimu. Bertanggung jawablah dengan apa yang kau tanamkan karena itu akan membuahkan hasil, walau hasil tersebut tidak seperti yang kau inginkan.

(writing by ; Khodijah)