Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

TERASWARTA – Wisata | Candi Gedong songo, merupakan komplek bangunan yang merupakan salah satu situs bersejarah yang berada di sebuah desa di Bandungan atau lebih lengkapnya berada di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sebuah peninggalan bersejarah berupa candi yang seperti namanya Candi Gedung Songo, maka jumlahnya adalah sembilan bangunan candi di seputaran komplek.

Candi ini ditemukan pada tahun 1804 oleh Rafles dan diketahui bahwa candi ini merupakan peninggalan Budaya hindu yang ada pada abad ke 9 atau tahun 927 Masehi di masa Wangsa Syailendra. Dan terletak diketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan air laut maka tidak mengherankan juga bila udara di tempat ini cukup dingin.

Candi gedong songo ini tidak melulu memberikan pemandangan dan pembelajaran tentang sebuah sejarah yang agung pada masa itu namun juga penomena keindahan alam dengan adanya obyek wisata lain seperti pemandian air hangat yang dihasilkan dari mata air yag tersebar di lereng Gunung Ungaran ini. Tak jarang bahkan beberapa orang datang secara khusus untuk mandi air hangat ini untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal lantaran memang sumber air panar yang ada ini mengadung bahan belerang yang dipercaya salah satu bahan yang ampuh untuk mengobati.

Untuk sampai ke candi-candi yang tersebar di beberapa tempat di lereng Gunung Ungaran ini kita memang harus berjala dengan jarak tempuh kurang lebih 200 meter hanya jangan khawatir lantaran bagi anda yang tidak terlalu kuat berjalan pada kondisi alam yang naik turun bisa memanfaatkan jasa sewa kuda yang ada di obyek wisata satu ini.

Untuk sampai ke tempat ini dari lokasi dari pusat kota Ambarawa anda bisa menempuhnya kurang lebih 40 menit dengan jarak 15 kilometer dengan berjalan santai. Kondisi jalan turun naik yang juga memberikan pemandangan alam untuk dinikmati. Cukup menarik bukan? Wahana wisata bersejarah sekaligus pemandangan alam bagi anda dan keluarga saat berkunjung ke kota semarang dan sekitarnya.