Ilustrasi /*Tukang Ngeseup77
TERASWARTA – Mancing | Olah raga atau hobi memancing ini sekarang sudah menjadi salah satu alternatif yang tak asing lagi untuk refreshing. Bahkan beberapa orang menjadikan hobi ini sebagai salah satu bagian bisnis yakni dengan membuat kolam pemancingan baik konsumsi maupun kolam yang murni untuk sebuah perlombaan.
Berbicara tentang hobi ini tentu juga akan berbicara tentang alat apa saja sih yang dibutuhkan untuk memancing? Berikut adalah ulasan apa saja yang dibutuhkan dan tempat mana saja yang bisa dijadikan sebagai tempat memancing ini.
Joran atau Rods :
Alat ini mutlak diperlukan untuk memancing lantaran tentu saja memudahkan kita dalam melempar umpan sesuai dengan harapan kita. Panjang joran atau yang lazim disebut dengan walesan ini ada berbagai macam, tinggal akan dimana kita memancing. Apabila kita memancing di kolam atau sungai, entu kita tak membutuhkan joran yang panjang.
Berbeda bila kita memancing di pantai atau lazim disebut mancing pasiran. Ini membutuhkan panjang joran minimal 3 meter. Tujuanya adalah semakin panjang maka umpan dapat kita lempar semakin jauh.
Menyoal merk dan kekutan yang dibutuhkan ada berbagai macam pilihan yang tentu saja bisa anda sesuaikan dengan kantong anda dan obyek di mana anda akan memancing.
Senar pancing atau Fishing Line :
Ini semakin mutlak diperlukan dalam memancing. Ini juga tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan merk. Namun hendaknya anda memilih jenis senar yang lentur dan kuat. Tujuanya adalah saat digunakan senar ini akan tenggelam ke dalam air. Tips bila senar mengambang maka tariklah dengan beberapa hentakkan sampai tidak mengambang.
Senar ini juga tergantung di mana obyek anda memancing. Apabila di kolam tentu tak membutuhkan yang terlalu panjang, sedang di pantai atau waduk anda akan membutuhkan yang panjangnya mencapai ratusan meter.
Mata Kail atau Fishing Hooks :
Sebuah alat yang digunakan sebagai pengait umpan sekaligus sebagai alat penusuk ikan. Biasanya ada semacam gerigi di ujung mata kail yang menjadi kunci bula telah menusuk ikan sehingga ikan tidak akan mudah lepas.
Ukuran kail ini juga menyesuaikan obyek dimana anda memancing, biasanya di laut anda membutuhkan mata kail dengan ukuran yang besar. Hal ini anda perlukan lantaran mulut ikan predator di laut rata-rata lebar sehingga saat termakan dan anda hentakkan akan lebih efektif. Berbeda dengan ikan air tawar yang rata-rata memiliki bentuk mulut yang lebih kecil.
Alat penggulung atau Reel :
Sebuah alat yang akan membantu anda saat menggulung senar. Bisa berupa kayu, mika, atau alat yang memang di desain secara khusus yang biasa di sebut sebagai reel. Ini juga berpengaruh pada kecepatan anda menggulung senar. Semakin cepat anda menggulung maka kemungkinan ikan yang terkait dengan kail lepas menjadi semakin minim.
Pelampung :
Alat ini lebih banyak anda perlukan bila memancing di sungai atau kolam. Berfungsi sebagai penanda umpan anda disambar ikan atau belum. Ini juga menjadi salah satu pembeda apabila anda memancing dilaut. Biasanya ikan predator di laut lebih ganas sehingga akan begitu saja menelan umpan dan mata kail sedang apabila di kolam atau sungai air tawar biasanya ikan akan mematuk-matuk dulu umpan yang anda kaitkan di mata kail.
Ilustrasi tempat memancing
Pemberat atau timbal :
Alat ini berfungsi sebagai penenggelam umpan agar tidak mengambang ke permukaan. Beratnya juga menyesuaikan dengan pelampung anda. Namun pengecualian apabila di pantai atau laut anda membutuhkan pemberat yang lebih besar lantaran ombak yang besar sehingga umpan anda bisa bertahan di kedalaman air dan tidak mudah terbawa ke tepi pantai.
Umpan :
Umpan ini dipengaruhi juga pada jenis ikan yang akan anda pancing. Pada ikan air tawar bisa menggunakan cacing, pelet yang dicampur air, atu adonan khusus yang banyak tersedia di toko-toko pancing. Di laut bisa anda gunakan udang hidup, tongkol, cumi, undur-undur, dll.
Demikian semoga manfaat, pembahasan tentang alat yang harus anda siapkan bila ingin memancing berikut alat pancing bisa digunakan disamping beberapa alat praktis lain seperti gunting, senter, tang, dan lainya.