wisata alam Rawa Pening

Rawa Pening

TERASWARTA – Wisata | Rawa pening ini menyajikan banyak hal yang bisa anda nikmati saat berkunjung,  mulai dari wisata air dengan perahu tradisional, area pemancingan alam, taman dan juga kuliner yang bisa anda dapatkan.

Sahabat teras, masih tentang seputar dunia wisata alam. Kali ini kami kemukakan sebuah tempat wisata alternatif bagi anda terutama yang bertempat tinggal di seputar jawa tengah.

Rawa pening, tentu bukan hal yang asing di telinga anda. Sebuah danau yang menjadi tempat wisata air. Bertempat di wilayah Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru kabupaten semarang. Menempati luas 2.670 hektar, berada pada cekungan terendah dari lereng gunung Telomoyo, gunung Merbabu, dan gunung Ungaran. Sebuah tempat wisata yang bisa anda tempuh dari arah timur (salatiga) atau juga arah barat (ambarawa) atau arah semarang. Jadi sebuah tempat wisata yang tak sulit akses jalannya untuk dikunjungi.

Baru Klinting

Daerah ini juga terkenal dengan legenda yang melekat erat dalam cerita rakyat. Jika anda masih ingat sebuah legenda “baru klinting”, tempat inilah asal muasal legenda ini . Sebuah cerita dengan kisah si baru klinting yang adalah jelmaan dari seekor ular raksasa yang di bunuh oleh warga. Seorang anak kecil yang berwajah buruk rupa, bau dan tak diterima oleh warga. sampai seorang janda tua menerimanya dan mendapat pesan dari baru klinting untuk naik “lesung” apabila mendengar suara kentongan. Ternyata si baru klinting  menancapkan sebuah lidi sebagai sayembara untuk dicabut. Alkisah tak ada yang mampu mencabutnya, dan saat di cabut oleh si baru klinting muncullah sumber air yang sekarang ini disebut sebagai rawa pening ini.

Menyoal anda yang hobby memancing di rawa pening ini juga menjadi tempat alternatif bagi anda dengan ikan nila, tawes, wader, dan gabus yang bisa anda pancing. Tak sedikit pula yang datang dari yogyakarta hanya untuk memancing gabus ini. Anda juga bisa menyewa perahu-perahu kecil atau sampan dengan harga kurang lebih 30 ribu untuk berkeliling di danau ini.

Lebih dari itu, rawa pening ini memang juga didera oleh tanaman enceng gondok yang menjadi tanaman pengganggu ekosistem air. Tanaman invasit yang saat ini juga di manfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai mata pencaharian selain sebagai nelayan melalui kerajinan tangan.

Cukup menarik bukan? Wahana wisata alam alternatif untuk anda sekalian.