Menghasilkan sebuah karya fotografi memang terkadang tak semudah yang kita bayangkan apapun alatnya. Akan lebih terasa sulit lagi bila menggunakan kebanyakan alat yang membutuhkan banyak pengaturan. Berikut adalah tips bagaimana memotret agar menghasilkan sebuah karya yang maksimal.

Dekatkan Objek foto 

Setiap kali Anda melihat obyek, snap shot dan Anda bergerak lebih dekat untuk membidik Anda akan mendapat hasil lebih baik. Obyek yang hampir mengisi frame juga akan membantu penampilan obyek bidik Anda. Hal ini akan membuat gambar hasil bidikan lebih Fokus, detail dan menarik maka jangan segan untuk mendekat sebisa mungkin sampai Obyek yang anda inginkan terpenuhi, terlebih bila lensa anda terbatas tentunya pada jarak tertentu.
Lakukan dengan cepat 
Seringkali bahwa kita ingin memotret berbagai moment namun yang kita bidik berubah pose, bergerak dan lain sebagainya seperti contoh “tersenyum. Maka salah satu solusi adalah dengan menekan shooter anda dengan cepat. Sebisa mungkin anda harus berada pada posisi siap bidik tentunya. Sebagai contoh bila ingin memotret senyum seorang anak sebisa mungkin curi dengan kamera yag telah siap sebelumnya sehingga anda tak akan kehilangan moment senyum tersebut lantaran anda lebih cepat membidiknya.

Lakukan komposisi dengan cermat 

Buatlah setiap foto tetap seimbang dan indah. Pada satu tingkat atau lainnya, semua orang merespon lebih baik untuk gambar yang memiliki semua elemen dalam keseimbangan. Tentukan dengan kesadaran anda letak obyek foto anda. Ratakan sisi-sisi dari pokok obyek terhadap keseluruhan frame secara seimbang atau bila ingin membuat sebuah “nilai” tetap jadikan obyek yang anda maksud tampil lebih dominan dengan subyek yang lain.

Selektif memilih 

Bedakan mana yang benar-benar menarik bagi anda dan pusatkan usaha Anda untuk mendapatkan foto terbaik dari hal tersebut, apapun obyeknya. Kemudian pastikan untuk menjaga apa pun yang akan mengalihkan perhatian dari gambar, hilangkan unsur-unsur yang tidak diinginkan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat perbatasan dalam viewfinder Anda – tepi pandangan ketika Anda melihat melalui jendela bidik kamera. Kemudian ubah komposisi jika sesuatu terlihat mengganggu gambar seperti kabel telepon, tanda-tanda mengganggu, jari Anda, atau tali kamera yang masuk ke dalam gambar Anda.

Fokus pada Objek 

Latihan mengambil gambar dengan lubang yang berbeda dan monitor hasilnya setelah itu, untuk belajar bagaimana depth of field dapat mempengaruhi foto Anda. Anda akan menemukan bahwa lebih kecil depth of field (dan lebih kecil f-stop #) memfokuskan semua perhatian pada objek Anda. Ini akan menjadi sangat bagus untuk mengambil gambar anak Anda, anjing Anda, atau suami Anda, objek yang begitu menonjol dengan latar belakang kabur. Demikian juga ketika Anda menemukan bahwa lebih besar depth of field (besar f-stop) akan membuat segala sesuatu muncul di fokus. Ini akan membuat orang menyaksikan landscape yang menarik dan indah.

Bereksperimen dalam waktu 

Salah satu aspek yang paling dasar, yang diabaikan, dan menyenangkan dalam fotografi adalah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk memperlambat atau menangkap sepersekian detik. Salah satu gambar yang dibuat dengan begitu lambat memperlihatkan kepada kita objek bergerak begitu cepat secara real time.

Bermain dengan kecepatan rana 

Gunakan kecepatan rana lambat dan tripod untuk membuat gambar cantik dari sebuah sungai. Di sisi lain, Anda dapat menggunakan kecepatan rana (1/500 dan up) untuk menangkap obyek bergerak. kecepatan rana dengan lensa panjang, dapat digunakan dalam fotografi olah raga ketika Anda ingin menangkap ekspresi wajah olahragawan favorit Anda saat ia menyelinap melewati pertahanan terakhir menuju gol kemenangan. Ingat, menangkap momen cepat fotografi merupakan tindakan yang mungkin memerlukan lebih banyak latihan.

Lihatlah cahaya 

Bukan berarti melihat langsung ke matahari, tidak sama sekali. Tapi itu baik untuk melihat dengan jenis cahaya apa Anda bekerja, atau mengetahui arah mana bayangan jatuh. Kecuali jika Anda ingin efek siluet, di mana subjek Anda hitam terhadap latar belakang yang menarik, umumnya menembak dengan matahari di belakang Anda. Bagaimana cahaya mempengaruhi objek Anda? Apakah objek yang membuat Anda menyipitkan mata? Apakah cahaya menyala langsung dan terang pada seluruh objek Anda? Hal ini bekerja dengan baik jika Anda sedang jatuh cinta dengan warna-warna berani dari objek Anda. Pencahayaan di sisi lain, dapat menambahkan drama tetapi juga dapat menyebabkan ekstrim, sulit kontras. Terakhir, indirect light dapat digunakan untuk membuat cahaya subjek Anda lembut dan cantik.

cuaca 

Lihat ke luar dan putuskan apakah Anda ingin memperlihatkan langit dalam gambar Anda. Jika cuaca mendung, buatlah langit keluar dari gambar Anda sebanyak mungkin. Ini biasanya merupakan cara terbaik untuk menghindari kedua nada teredam dalam objek Anda dan dicuci oleh langit di latar belakang Anda. Anda juga mungkin menemukan gambar hitam dan putih yang lebih menyenangkan dari sebuah cuaca yang mendung. Jika kamera Anda memungkinkan untuk penggunaan filter, belilah sebuah polarizer. Ini akan membantu Anda membuat langit lebih biru terhadap awan putih terang, kaya warna kontras, dan efek indah lainnya dengan sentuhan sederhana.

Buat sederhana

Ini tidak berarti membuat kamera Anda selalu dalam set mode “Program”, sementara mode ini dapat menjadi sempurna dalam kesederhanaan, tapi mungkin membuat frustasi dalam kontrol tirani. Daripada mengandalkan program sepenuhnya yang otomatis, lakukan pemilihan, sederhana saja dalam semi-otomatis program seperti aperture-prioritas. Kemudian, akan dapat mengontrol dasar-dasar tertentu tanpa membiarkan dasar-dasar lain mengendalikan Anda. Tip: jika Anda ingin satu aksesori, bawalah tripod. Ini dapat memecahkan masalah kamera goyang dan membantu Anda mendapatkan gambar malam yang indah.

Buat lebih tebal mental fotografer Anda 

Jangan biarkan diri Anda dilumpuhkan oleh ketakutan menggunakan pengaturan yang salah, atau kebijakan non-politik sosial. Jika Anda takut mengganggu seseorang dengan mengambil gambar mereka, bertanyalah apakah itu tidak masalah. Mintalah mereka untuk menandatangani rilis dan menawarkan cetak sebagai balasannya (untuk yang pro).

Semoga manfaat.

(@TW-sumber : classphotography.wordpress.com)