Tips Mudik Hemat

Tips Mudik Hemat

TERASWARTA – Opini | Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi. Hari Lebaran identik dengan perjalanan pulang kampung atau biasa kita sebut mudik. Banyak warga kota berbondong-bondong meninggalkan kota tempat mereka mencari nafkah dan memboyong semua anggota keluarga pulang ke kampung halaman. Kejadian unik ini tentu saja hanya ada di Indonesia yang mengakibatkan lengangnya hiruk pikuk ibukota dan mengalirnya uang sampai ke pelosok-pelosok desa.

Tradisi mudik ini tentu saja menyimpan suka dan duka tersendiri. Rasa bahagia yang dirasakan adalah bisa menyambung tali silaturahmi ke semua kerabat dan sahabat, sedangkan dukanya tanpa sadar tradisi ini menyedot banyak sekali biaya pokok dan biaya tak terduga.

Ada beberapa tips untuk mengantisipasi pembengkakan dana saat mudik :

Putuskan terlebih dahulu jenis transportasi apa yang akan digunakan untuk mudik

  1. Bus antar-kota, jenis transportasi seperti ini juga mempunyai banyak peminat. Harga yang ditawarkanpun juga bervariasi, dari kelas ekonomi, kelas bisnis, hingga kelas eksekutif.
  2. Pesawat, jenis transportasi ini sekarang lebih banyak dipilih, selain karena cepat, nyaman dan harga tiketpun sudah lebih terjangkau di masyarakat. Banyak sekali iklan maskapai penerbangan yang harganya terjangkau tidak jauh dari harga tiket kereta api.
  3. Kapal Laut, jenis transportasi ini merupakan alternatif pilihan ketika perjalanan ke kampung halaman yang cukup jauh, dengan dana yang tidak mencukupi untuk membeli tiket pesawat. Saat ini banyak sekali perusahaan yang memberikan jasa pelayaran untuk umum. Harga tiketnyapun bervariasi, tergantung dari tujuan dan kelasnya.
  4. Mobil, mudik dengan menggunakan mobil sampai saat ini sepertinya tetap dianggap pilihan termurah dari segi biaya. Mobil dianggap lebih fleksibel, baik dengan mobil pribadi maupun dengan mobil sewaan. Namun jenis transportasi seperti ini bukan tanpa resiko. Tingkat kemacetan, bensin maupun solar, biaya perawatan adalah beberapa hal yang harus ditanggung dan semuanya menjadi satu paket kegiatan mudik. Untuk mobil dengan jasa rental otomatis harga sewa akan lebih mahal.
Sepeda Motor,mudik ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor sekarang ini sering dijumpai untuk jarak mudik yang tidak terlalu jauh atau jangkauan semalam. Para pemudik biasanya menggunakan sepeda motor karena alasan biaya yang lebih murah dan terjangkau, serta lebih fleksibel.Hitung semua kebutuhan untuk yang sudah direncanakan maupun biaya tak terduga:
Menghitung dengan cermat kebutuhan uang tunai saat mudik akan jauh lebih baik, mulai dari perjalanan ke kampung halaman, selama di kampung halaman dan saat harus kembali ke kota.

Tentukan berapa uang tunai yang akan dibawa :
Tidak semua kebutuhan uang harus dibawa dalam bentuk tunai. Membawa uang tunai disesuaikan dengan jumlah kebutuhan selama mudik mengingat tingkat keamanan dan kepraktisan. Pemudik bisa menggunakan fasilitas ATM yang sekarang mudah dijumpai lokasinya. Kedua fasilitas ini mampu mengurangi risiko kehilangan uang tunai.

Hadiah dan Oleh-oleh :
Hadiah atau oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung halaman merupakan pengeluaran yang harus dianggarkan. Sesuaikan hadiah atau oleh-oleh dengan dana yang dimiliki.

Rekreasi :
Rekreasi juga menjadi satu hal yang dilakukan saat di kampung halaman. Biaya untuk rekreasi sebaiknya dianggarkan seberapa biaya maksimal yang harus dikeluarkan. Prinsipnya, rekreasi tidak harus di tempat yang mahal, tetapi mampu mempererat hubungan kekeluargaan.

Biaya tak terduga :
Siapkan dana untuk pengeluaran kebutuhan tak terduga yang siap dating kapanpun. (Christin)