Ilustrasi Bisnis

TERASWARTA – Opni | Manusia yang kreatif dan inovatif adalah pribadi yang mempu bergerak dinamis. Menghasilkan segala hal yang baru melalui kerangka pemahaman, imajinasi dan pikirannya. Dan tahukah anda bahwa pribadi-pribadi yang semacam ini tidak tergolongkan di dalam daftar antrian pencari kerja.

Mereka ini adalah orang-orang yang mampu melihat peluang-peluang besar dari hal yang terkadang dianggap hanya sia-sia oleh orang lain. Mereka yang kreatif dan invatif ini akan selalu mencari celah untuk membuat sebuah bentuk usaha sendiri dan biasanya mereka ini tergolong sebagai pribadi yang ulet dan pekerja keras, serta percaya pada kemampuan sendiri.
Banyak hal yang dihasilkan oleh orang-orang yang kretaif ini. Berikut adalah golongan serta contoh hasil kreatif dan inovatif mereka :
Kreatif memanfaatkan barang bekas :
Kegiatan ini banyak sekali dilakukan oleh orang-orang yang kreatif. Memang tak sepenuhnya mudah lantaran tak jarang membutuhkan jiwa seni dan imajinasi dalam menghasilkan sebuah bentuk. Mendaur ulang barang bekas menjasi sebuah bentuk untuk kemudian bisa diperjual belikan. Membawa keuntungan dari modal yang tak terlalu besar.
Kreatif memanfaatkan trend :
Kegiatan ini banyak dilakukan oleh orang memiliki jiwa dinamis dan pekerja keras. Membuat sebuah terobosan-terobosan baru setelah melihat peluang sebuah trend di masyarakat. Sebagai contoh ; saat ini sedang ramai dibicarakan tentang jual beli online. Maka orangyangtergolong manusia kreatif ini akan mencari peluang di sana dengan bentuk-bentuk baru, semisal membuat website jual beli, atau membuat terobosan cara pemesanan dan pengiriman yang berbeda dengan yang lain.
Kreatif memanfaatkan moment :
Kegiatan ini banyak di lakukan oleh para kreatif. Mereka ini akan berfikir semua peluang yang ada pada sebuah peristiwa (moment). Misal; bulan agustus sperti saat ini dengan moment besar perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, mereka ini akan menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan hari kemerdekaan ini. Menjual bendera dan asseoriesnya.  
Kreatif memanfaatkan alam :
Kegiatan ini banyak dilakukan oleh mereka yang kreatif dengan kejelian mereka memanfaatkan alam sekitar hidup mereka. Misal ; membangun sebuah tempat pelatihan bagi anak-anak untuk mengenal alam, bercocok tanam, menjaga kelestarian alam, dll yang di rangkai dalam bentuk kegiatan belajar mengajar. Ada juga yang memanfaatkan apa yang diberikan alam dengan membuat bentuk-bentuk dari tanah liat, dll.
Untuk mampu menggali potensi sebagai orang yang kretaif dan mampu berhasil mancari peluang usaha atau bisnis langkah yang pertama dilakukan adalah berfikir positif, tidak malu, dan yakin pada sebuah keberhasilan. Mentalitas pantang menyerah, etos kerja yang tinggi dan tentu saja harus pandai mengkomunikasikan hasil karya kreatif sebagai marketing yang handal pula.
Semakin kreatif anda, maka akan anda temukan inovasi baru dalam usaha yang anda geluti . Inovasi  atau temuan baru perlu selalu digali agarapa yang anda hasilkan berdaya guna ke arah lebih produktif. Termasuk kreatifkah anda? Atau anda lebih senang berada dalam daftarpencari kerja ?
(teraswarta)