Mudik aman dan nyaman berkendaraan

Posko Lebaran

Posko Lebaran

TERASWARTA – Opini | Beberapa hari lagi lebaran tiba dan tentunya ada banyak dari anda yang akan melakukan perjalanan mudik. Bila kemarin kita membahas tentang bagaimana mengatur mudik agar irit, kali ini teras warta akan menyajikan tips-tips agar aman dan nyaman dalam perjalanan anda baik mudik maupun silaturahmi ke beberapa tempat relasi anda. Hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

Membuat prioritas daftar kunjungan :

Buatlah daftar prioritas kunjungan silaturahmi anda dan keluarga sehingga bisa mendapatkan solusi-solusi seperti jalan macet, kurang waktu, dan lain sebagainya.

Membuat daftar barang bawaan :

Buatlah daftar bawaan yang penting-penting saja bagi anda dan keluarga terutama bagi anak-anak anda tentunya sehingga tidak ada yang terabaikan sehingga mengganggu perjalanan anda dan keluarga. Tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak perlu agar tidak membawa kerepotan tersendiri.

Cek kondisi kendaraan :

cek kendaraan anda secara menyeluruh mulai dari rem, lampu, oli, aki dan lain sebagainya. Pastikan semuanya dalam keadaan normal dan bila perlu bawalah spare part cadangan terutama ban mobil, busi, serta kunci pas dalam kendaraan yang akan anda gunakan.

Cek perlengkapan berkendaraan :
Pastikan bahwa anda telah membawa semua surat-surat kendaraan anda juga surat-surat pendukung lain.

Sediakan Kotak P3K:
Lengkapi juga perjalanan anda dengan beberapa alat P3K seperti Minyak angin, betadine, obat sakit kepala serta obat-obat pribadi anda terlebih yang baru dalam keadaan tidak sehat.

Bersabar dalam perjalanan:

Lebaran sudah barang tentu akan ada kemacetan di mana-mana maka anda dituntut untuk sabar dan tak perlu tergesa-gesa. Lebih penting keselamatan anda tentunya. Lebih baik terlambat daripada mebhayakan diri denga ngebut atau main selonong tentunya. Bila perlu sediakan musik, makanan ringan, dan lainya sehingga bisa jadi hiburan saat macet.

Persiapkan Baterai dan pulsa:

Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa menggunakannya.

Pergunakan Layanan gratis otomotif dan Istirahat :

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada. Jangan malu juga untuk menggunakan tempat-tempat yang memang di sediakan untuk beristirahat. Gunakan semaksimal mungkin karena apapun alasannya tentu tubuh butuh perhatian khusus dalam perjalanan jauh.

Sahabat teras, demikian sedikit ulasan tentang mudik aman dan nyaman. Semoga membawa manfaat bagi kita. (teraswarta)