Memancing pasiran

Memancing Pasiran
TERASWARTA – Mancing | Anda seorang yang gemar memancing. Ada keasyikan tersendiri apabila memancing di laut. Alasan yang biasanya diutarakan adalah pemandangan sekaligus sensasi tarikan ikan. Rata-rata memang keberuntungan memancing di laut adalah ikannya yang besar.
Saat berbicara tentang memancing di laut ini tentu butuh biaya yang  tak murah. Bisa di bayangkan berapa budget harus dikeluarkan untuk menyewa kapal, belum lagi piranti memancingnya.
Berikut ini teraswarta akan membahas hobi memancing di laut dengan biaya yang tidak terlalu besar yakni memancing di pantai atau lebih dikenal dengan memancing pasiran. Apa saja dan dimana sih anda bisa melakukan hobi ini, berikut pembahasannya;
Alat  memancing :
 
Joran : Dalam memancing pasiran tentu ada baiknya anda menyiapkan joran yang panjang. Alasannya adalah semakin panjang joran anda maka kemungkinan melempar umpan anda jauh ke depan bisa anda capai. Reel juga berpengaruh, hal ini mengasumsikan bahwa semakin besar reel  anda tentu senar anda semakin panjang untuk memenuhi lemparan anda.
Timbal/timah : Dalam memancing pasiran ini anda membutuhkan pemberat yang ada baiknya besar. Hal ini untuk mengimbangi ombak yang menerpa sehingga umpan anda akan lebih lama bertahan di kedalaman air. Dalam beberapa pengalaman ada angler yang memodifikasi timbal/pemberat  menjadi selayaknya jangkar sehingga saat di lempar pertama kali akan menancap di pasir, hanya di tempat tertentu hal ini tidak mungkin di lakukan karena ada hambatan karang.
Umpan : untuk memancing pasiran ini ada beberapa umpan yang bisa anda sediakan seperti undur-undur laut, udang kupas, tongkol, atau juga potongan cumi-cumi.
Tempat memancing di Yogyakarta :
Ada beberapa tempat yang biasa di gunakan oleh para angler mengejar buruan memancing pasiran. Tempat –tempat itu adalah : pantai congot (kulonprogo), pantai  glagah (kulonprogo), pantai kuwaru (bantul), pantai parangtritis (bantul), pantai ngrenean (gunungkidul), pantai wedi ombo (gunungkidul), serta beberapa pantai berpasir lain yang bisa anda pilih sebagai spot bagi anda.

Ikan target :

Ikan-ikan dalam memancing pasiran ini target perolehan antara lain ; ikan kue gerong, ikan pari, ikan gatho (bawal), ikan kue rambut, ikan bojor, kakap, kerapu, dll.
Cukup menarik bukan, selain memang tak terlalu membutuhkan biaya besar untuk hobi ini bila dibandingkan memancing di tengah laut atau rock fishing yang membutuhkan alat lebih khusus.

Semoga manfaat. (@TW)