Carnaval Malam Takbir
TERASWARTA – Warta | Gema takbir membahana malam tadi di seantero titik di seluruh wilayah di nusantara pada khususnya. Lebaran bagi umat muslim telah tiba dan ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada  1 Syawal 1434 H  atau hari kamis (8/8) hari ini.
Hari raya yang telah dinantikan oleh umat muslim seluruh dunia. Hari yang merupakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa. Hari yang dianggap sebagai hari baru untuk memulai segala sesuatu maka selanjutnya di kenal dengan istilah “fitrah” (awal kejadian).
Disalah satu wilayah di gunungkidul, yakni di kelurahan Logandeng secara khusus team teraswarta meliput beberapa kegiatan takbir agung yang digelar oleh kelurahan ini. Berbagai kelompok sengaja bergabung untuk mengadakan pawai sebagai ucapan syukur atas berakhirnya masa puasa yang berarti pula hari raya idul fitri telah tiba.
Suara genderang, pakaian yang beraneka ragam dan juga lantunan takbir menggema semarak. Para peserta juga tampak antusia dan penuh suka cita. Hal ini nampak dari semangat yang ada dari para peserta.
Carnaval Malam Takbir

 

Nampak juga berbagai bentuk hiasan lampion mulia dari bentuk tugu sampai dengan naga menambah keceriaan dan keindahan malam takbir semalam. Para peserta juga berjalan dengan rapi, tertib dan teratur sehingga tak terlalu menjadi gangguan bagi pengguna jalan malah menjdai tontonan unik tersendiri bagi masyarakat sekitar.
Lebih dari itu peran serta masyarakat yang turut membantu kelancaran terlebih “Garda sigab” juga menjadi penentu tersendiri atas ber jalannya acara pawai malam takbir ini.
Tak hanya di kelurahan ini memang pawai-pawai ini ada. Terlihat juga seperti di pusat kota wonosari juga ada. Tak luput alun-alun kabupaten Gunungkidul banjir lautan pengunjung yang sengaja datang untuk sekedar melihat pawai yang lewat atau secara khusus merayakan malam menyambut lebaran dengan kembang apinya atau juga menikmati makanan bersama keluarga dan teman-teman. (chipriant)