gunung api purba

Gunung Api Purba

TERASWARTA – Wisata | Di balik kesan kering dan gersang yang sampai saat ini masih melekat pada wilayah Gunungkidul, kabupaten paling luas di Provinsi DIY ini ternyata mempunyai banyak potensi yang menggiurkan terutama sektor pariwisata. Saat ini mulai bermunculan tempat-tempat wisata baru yang mulai dikenal baik wisata alam maupun kuliner. Wahana  wisata lain yang tentu tidak kalah menariknya. 

Hal ini pula yang lambat laut mulai juga mengkis kesan “kering” tersebut oleh kunjungan demi kunjungan yang mampu membuka mata bahwa Gunungkidul tak sepenuhnya gersang, terlebih di saat ini tentunya.

Bila teraswarta beberapa saat yang lalu membahas tentang pesona bukit bintang. Maka saat ini kita akan menuju ke sebelah timur bukit bintang. Kita akan mmenuju ke sebuah tempat yang mungkin tak asing juga di telinga kita yakni Gunung Nglanggeran yang terletak di kecamatan Patuk, Gunungkidul. Sebuah tempat yang menurut cerita merupakan gunung api purba yang ada pada kisaran 60 juta tahun yang lalu.Potensi wisata alam gunung api purba  ini  sudah banyak menarik wisatawan bahkan sudah memberikan berkah bagi masyarakat sekitar. Di mana kelompok karang taruna sudah bisa mengelola kawasan parkir, serta menyediakan piranti agar dalam melakukan jelajah wisata bisa lebih maksimal. Lantaran, jarak dari bawah hingga puncak Gunung Nglanggeran ini sekitar 700 meter, sehingga apabila anda berkunjung dalam penjelajahan wisata alam ini akan anda dapati  pengalaman yang menakjubkan.

Untuk menuju kawasan wisata alam ini juga tidak terlalu sulit. Kawasan ini terletak di jalan Jogja-Wonosari Km 25. Anda cukup berjalan mengikuti rute arah wonosari, Gunungkidul sampai anda menemukan arah penunjuk jalan. Atau bila anda telah melewati desa Putat dan menemukan jembatan dengan dua rute terpisah silahkan ambil yang sebelah kiri (jalan lama), ikuti sampai menemukan penunjuk arah. Anda tinggal belok kiri mengikuti petunjuk tersebut. Jalannya juga sudah beraspal mulus, bahkan wisatawan yang menggunakan rombongan dengan bus, juga bisa sampai di bawah bukit Nglanggeran yang indah menakjubkan. Ada beberapa pilihan jalan yang bisa anda pilih dan cukup mudah di temukan tentunya.

Sebuah tempat wisata alam yang diharapkan bisa menjadi alternatif lain bagi anda dan keluarga  mencari sebuah tempat untuk melepas kepenatan dalam rutinitas anda sehari-hari. (@TW)