FBKP

TERASWARTA – Warta| Apa kegiatan anda minggu ini? Sebagian orang mungkin akan menjawab berlibur ketempat wisata, dan dalam bayangan anda mungkin akan menjumpai sebuah kawasan wisata yang rapi sejuk dan tertata rapi dan tentunya dengan tarif masuk yang murah.

Inilah yang mendasari para beberapa orang yang tergabung yang tergabung dalam facebooker kulonprogo (fbkp) untuk melakukan kegiatan aksi bersih kawasan wisata di kulon progo. Sebagimana diketahui beberapa tempat wisata di kulonprogo yang cukup terkenal sangat memprihatinkan keadaanya terutama masalah kebersihan.

Kegiatan ini sudah diawali pada minggu 21 juli 2013 dengan target kawasan wisata pantai trisik. Dan pada minggu ini 28 juli 2013 di kawasan wisata goa kiskendo. Mungkin sebuah kegiatan yang orang akan memandang dengan sebelah mata, tapi apa yg dilakukan sebenarnya hanyalah ingin membuka mata para pelaku pariwisata dikulon progo, baik pemerintah sebagai pengelola juga masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan kawasan wisata.

Minggu jam 06.00 pagi mengambil start dari alun – alun wates berangkat menggunakan sepeda motor, dengan rapi melintasi jalan wates – nanggulan. Sepanjang jalan suasana kesejukan khas kulonprogo sangat terasa, udara yg sejuk dengan suasana alami pedesaan sangat enjoy untuk dinikmati. Melewati suasana pasar tradisional Sribit di girimulyo, juga sempat mengabadikan gambar perjalanan dengan background merapi dan pegunungan menoreh. Udara dingin khas pegunungan mengiringi laju kendaraan menuju kawasan wisata goa kiskendo, kondisi jalan yg cukup baik sebenarnya cukup sebagai modal untuk mempromosikan tempat wisata sejarah ini.

Dalam setiap aksinya selalu dimulai dengan serangkain doa serta breafing kegiatan oleh Ketua Group FBKP. Hal ini juga bertujuan untuk membagi tugas masing-masing dalam satuan pribadi dan kelompok dalam setiap kegiatan.
Kegatan yang di adakan ini juga selalu diselingi dengan adanya sharing-sharing positif tentang wisata, kekayaan budaya, serta potensi lain secara khusus yang berada di kabupaten Kulon Progo. Kegiatan yang lain juga dalam rencana Group ini selanjutnya akan diadakan ditempat wisata dan bersejarah selain kegiatan sosial lainnya.
Sekelumit kegiatan fbkp dalam aksi nyata membangun dan mengenalkan potensi dan kekhasan KULONPROGO, Road to Fitri fbkp :
  • Minggu 14 Juli 2013 = buka bersama anak yatim di panti asuhan Daarusubusi
  • Minggu 21 juli 2013 = bersih kawasan wisata pantai Trisik
  • Selasa 23 Juli 2013 = buka bersama Bpk Wakil Bupati
  • Minggu 28 Juli 2013 = bersih kawasan wisata goa Kiskendo
  • Selasa 30 Juli 2013 = bagi takjil di proliman Karangnongko
  • Minggu 04 Agt 2013 = Pagi pengiriman matrial bedah rumah mbah Poniyem di Pengasih
  • Minggu 04 Agt 2013 = sore jam 15.00 ziarah makam nyi Ageng Serang di Kalibawang, lanjut pemberian santunan dan buka bersama di Nanggulan
  • Selasa 06 Agt 2013 = bagi takjil ke pemudik/pengguna jalan di proliman karangnongko wates
  • Minggu 11 Agt 2013 = kopi darat dan syawalan akbar di Gedung Kesenian Wates Minggu 18 Agt 2013

Bedah sederhana rumah mbah Poniyem Bedah rumah ( rencana 18 agustus 2013) yang menjadi agenda mendatang ini juga telah dilaksanakan dengan kegiatan awal droping material bangunan. Hal ini sebenarnya juga sesuai program pemerintah Kabupaten Kulon Progo Pimpinan Bapak Hasto ini.

Kiranya kelompok positif semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi yang lain dan pemerintah pada khususnya untuk melakukan aksi nyata dan positif di tengah caruk maruk kehidupan masyarakat dan ekonomi yang semakin menuntut lebih ini. (bagus loka-FBKP)