cara merawat kamera

Tips Merawat Kamera

Tips Merawat Kamera

TERASWARTA – Fotografi | Kamera digital seperti halnya barang yang lain layaknya, bahkan bisa jadi membutuhkan perawatan ekstra. hal ini lantaran kamera memiliki komponen-komponen sensitif yang mudah rusak apabila kita asal-asalan dalam menggunkannya.
Berikut akan kita bahas cara-cara praktis agar kamera lebih awet kita gunakan. hal-hal praktis menjaga kamera kita :

Menjauhkan dari air yang berhubungan langsung dengan kamera : hal ini perlu dilakukan lantaran selain kamera adalah penuh dengan komponen elektronik juga bisa menimbulkan kelembaban di dalam internal kamera sehingga akan rusak atau menimbulkan jamur pada lensa. pengecualian ada kalau kamera atau lensa anda jelas-jelas dinyatakan waterproof atauweather sealed,meski kamera weather sealed juga bukan berarti anda bisa memasukannya ke air.

Tertib mengisi baterai : Batere lithium-ion biasanya bertahan dalam 500 kali siklus recharge sebelum kerjanya mulai menyusut. Hal ini perlu di sadari selalu saat memotret lantaran seringkali “saking” asyiknya kita terkadang lupa melihat indikator baterai. Seringlah melihat indikator terlebih bila anda sering menggunakan internal flash.

Selalu jaga kebersihan lensa : Selalu jaga lensa dari debu dan benda lembut lain yang hadir pada lensa dan saat membersihkan lensa, jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke lensa, semprotkan dulu ke lap microfiber sedikit saja lalu baru usapkan lap microfiber tersebut ke lensa. Anda bisa membeli lap microfiber di swalayan besar. Bila perlu tambah lensa anda dengan filter-filter tambahan.

Matikan kamera sebelum mengeluarkan batere atau memory card : Saat anda akan mencopot baterai atau memory card atau pada saat akan meng-koneksikan dengan komputer.Hal ini lantaran kamera terdiri atas komponen-komponen elektronik yang bisa jadi rentan terhadap lonjakan arus listrik.

Gunakan strap : Strap kamera ini perlu anda gunakan setiap saat agar kamera anda aman, tidak gampang jatuh. Bila anda merasa kurang nyaman dengan strap yang di bawakan dalam peket kamera anda, anda bisa membeli atau memesannya. Hal ini perlu lantaran banyak kasus kamera jatuh lantaran tanpa sengaja tersenggol saat diletakkan atau jatuh saat memotret lantaran tangan kita saat memegang kamera terbentur sesuatu.

Jangan paksa fungsi yang ngadat : Kamera dan lensa memiliki bagian bergerak seperti tombol, dial, engsel pintu batere dan memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa. Kalau ada yang macet jangan diputar atau dibuka dengan paksa. Kalau memang tidak paham, bawa ke teman yang paham atau bawa ke service center. Kalau dipaksa bisa jadi ada bagian yang patah.

Hindari meninggalkan kamera didalam mobil dalam waktu yang lama : Hal ini perlu anda lakukan bukan semata-mata agar kamera anda aman dari pencuri melainkan lantaran kamera kita rentan terhadap sebuah suhu, rentang suhu di kamera memiliki batasan tersendiri jadi apabila tanpa sadar panas dalam mobil oleh matahari atau AC terlalu berlebihan bisa merusak fungsi-fungsinya.

Bersihkan setelah memotret di laut : laut adalah salah satu byek foto yang menarik untuk di abadikan momennya hanya saja perlu kita tahu bahwa kandungan garam dilaut bersifat korosif bagi komponen logam yang ada di dalam kamera maupun lensa sehingga berpotensi menghasilkan karat. Setelah memotret di dekat laut, bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel di kamera, sedikit saja jangan terlalu banyak. Setelah itu lap lagi dengan lap hingga benar-benar kering.

Pahami tehnik mengganti lensa : Baca tips-tips mengganti lensa yang bisa anda dapatkan di banyak media. jangan terlalu sering gonta-ganti lensa “asal-asalan” terlebih di tempat yang banyak debu. Bila mungkin siapkan mengganti lensa DSLR terlebih dahulu saat anda akan memotret diluar ruangan untuk meminimalkan resiko kemasukan debu.

Periksa ada tidaknya debu di sensor kamera DSLR anda : deteksi setiap saat kamera kesayangan anda terlebih debu yang melekat pada sensor kamera, kalau memang terdeteksi ada, gunakan blower. Jika blower tidak bisa menghilangkan debu, bawa ke service center.

Simpan kamera di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung : Kalau memang ada budget, beli dry box atau dry cabinet sehingga kita bisa mengontrol tingkat kelembaban. Alternatif murah adalah memakai silica gel.Dan satu lagi apabila anda tidak akan menggunakan dalam waktu yang cukup lama, copot beterainya.