Baju Baru Di Hari raya
TERASWARTA – Opini | Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan yang dinanti umat muslim di seluruh dunia setelah berpuasa sebulan lamanya.

Di Indonesia, perayaan Idul Fitri selalu dibarengi dengan tradisi memakai baju baru. Maka tak heran kalau di hari-hari terakhir Ramadhan, pusat-pusat perbelanjaan ramai dikunjungi. Penawaranpun menggiurkan dengan aneka model dan diskon yang diberikan spesial menyambut hari raya. Pada intinya mau beli baju baru.Tradisi baju baru juga diiringi tradisi pemukulan beduk di malam hari raya dan dilakukan sebelum shalat Ied. Beduk ini biasanya terdapat di masjid dan musola atau surau.
Penggunaan beduk di malam Idul Fitri untuk menginformasikan bahwa pada malam itu adalah buka puasa terakhir Ramadhan. Begitu juga pemukulan beduk pada shalat Ied, menandakan bahwa sudah memasuki 1 Syawal.
Tradisi baju baru ini menyatakan rasa syukur umat muslim dalam menyambut hari kemenangan. Tetapi dengan kondisi ekonomi masyarakat yang berbeda-beda alangkah baiknya tetap sederhana. Hari kemenangan adalah hari suci, yang tidak harus dirayakan dengan mewah. Dengan sederhana kitapun dapat merayakan Idul Fitri. Yang paling penting adalah makna sesungguhnya dimana  Hari Raya Idul Fitri merupakan hari suci bagi umat Muslim untuk kembali fitrah. (Christin)