Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

TERASWARTA – Wisata | Berbicara tentang budaya atau pariwisata di Yogyakarta ini memang tak akan ada habisnya. Ada saja kreatifitas yang dibangun sebagai wahana wisata baru baik wisata alam, wisata religi maupun wisata kuliner.

 Ada sebuah tempat yang sangat bagus untuk anda kunjungi. Letak tepatnya adalah sebelah timur Monumen Sebelas Maret di titik 0 kilo meter yogyakarta. Lebih tepatnya lagi sebelah utara Gereja Kidul loji. Wisata yang layak anda kunjungi bersama dengan anak-anak anda tentunya karena ada banyak hal yang bisa dinikmati anak-anak dengan banyaknya media bermain dan belajar untuk anak anda. Taman Pintar, adalah tempat rekreatif penuh nuansa pendidikan. Nuansa Ilmu pengetahuan dan teknologi yang disuguhkan di sana, yang dikemas dalam bentuk-bentuk yang menarik minat anak tentunya.

Taman pintar ini sendiri berdiri atas prakarsa Bp. Herry Zudianto,SE.Akt, MM. Wahana bermain dan belajar anak di atas tanah yang luasnya 12.000 meter persegi. Ada beberapa wahana atau tempat yang bisa anda kunjungi, yang terbagi dalam beberapa kategori.

Zona Taman Pintar ini terbagi menjadi 4 bagian, antara lain Playground, Gedung Heritage, Gedung Oval, dan Gedung Kotak. Keunggulan dari wahana yang dimiliki Taman Pintar adalah Alat Peraga Iptek Interaktif. Interaktifitas yang ditawarkan dapat menyuguhkan pembelajaran yang mengasikkan bagi anak-anak.

Berawal dari pintu masuk, anda akan disuguhi dengan tempat-tempat bermain seperti katrol, kolam air mancur, alat musik pukul atau bisa juga bermain alat musik “tabuh” (drumb) yang terletak di sisi kiri jalan masuk. Wahana yang lain adalah gedung paud, yang menyajikan segala hal untuk anak-anak usia dini.

Ada juga wahana memorabilia, yang menyajikan segala hal mulai dari sejarah raja-raja keraton Yogyakarta dalam bentuk miniatur, foto-foto pemimpin negara Republik Indonesia dan banyak lagi lainya. Masih tersedia juga gedung oval dan kotak dengan sajian berbagai macam hal seperti seaworld mini. Dengan sajian wahana lain pula seperti Apa itu Gaya Pegas, Gaya listrik, Gaya Magnet, Simbosis, Fotosintesis, kenapa terjadi Gerhana, dan masih banyak lagi ilmu pengetahuan alam lainnya. yang seolah mengajak kita untuk kembali mengingat masa-masa sekolah kita mulai dari tingkat dasar.

Di semua sisi dinding , terdapat foto-foto para ahli Astronomi , fenomena alam, benda langit, dan bagian atas terdapat alat peraga sistem tata surya yang berisi Matahari beserta planet-planetnya. Hal yang tidak kalah menarik yaitu adanya wahana simulasi gempa, Pengunjung bisa merasakan Gempa bumi sesaat, dan hal apa yang harus dilakukan untuk meminimalkan korban. Dan tepat di sebelahnya terdapat alarm peringatan dini terhadap Tsunami dimana kita dapat melihat proses terjadinya tsunami dan proses mengapa alarm tsunami biasa berbunyi jika terjadi Tsunami.

Cukup menarik bukan? Dan bila anda merasa lapar, di sisi timur terdapat gedung (food court) yang menyediakan berbagai macam sajian mulai dari bakso, ayam goreng juga minuman lain. Jadi jangan khawatir karena hampir semua hal ada di tempat ini.