Tak Cukup hanya Cantik untuk menjadi Model

TERASWARTA – Hai girls….Anda cantik, memiliki tubuh yang proporsional, atau dengan istilah lain “perfect” dan terbayang ingin menjadi seorang model? Bukan hal aneh tentunya saat ini kita bahas. Jika dalam edisi teras fotografi kemarin kita membahas tentang fotografer maka saat ini terasawarta.com mencoba menyajikan bahasan tentang bagaimana menjadi seorang model yang profesional.
Di banyak kota saat ini terdapat banyak sekali sekolah bakat. Sekolah Bakat model utamanya bisa kita jumpai di mana-mana. Mencoba menggali kemampuan dari sebuah keunggulan penampilan tentunya. Namun menjadi model ternyata bukanlah hal mudah. Ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi lantaran kecantikan fisik saja tidak menjamin seorang wanita bisa menjadi model. Melengkapi hal ini maka inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan selanjutnya :
Menyadari tuntutan Penampilan fisik :
Secara  umum seorang model haruslah memiliki kelebihan tersendiri dalam hal penampilan fisik seperti wajah yang cantik, tubuh yang ideal (proporsional), tubuh yang bersih dan lembut , rambut yang tertata rapi, dan sebagainya. Maka tak jarang seorang model harus siap untuk berolahraga ekstra keras dan diet ekstra ketat demi tuntutan sebuah penampilan tentunya.
Menyadari tuntutan Non fisik :
Terjun dalam dunia model saat apabila ingin maju dan berkembang dalam karier juga harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Hal ini bisa kita lihat seperti dalam tayangan-tayangan lomba kecantikan selayaknya miss world atau gadis sampul misalnya. Di sana bisa kita saksikan adanya pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan jawaban dari sumber pengetahuan maka wajib rasanya seorang model juga harus memperkaya alan non fisiknya dengan lebih banyak belajar atau membaca guna memperkaya wawasan.
Belajar tata aturan seorang model :
Langkah  ini penting sebagai awal memulai sebuah karir yang sesungguhnya. Asal mau saja tidak cukup. Asal cantik atau pintar saja tidak cukup pula. Anda harus belajar bagaimana menjadi model yang baik termasuk tata caranya. Dengan cara apa? Yakni dengan cara belajar secara khusus melalui sebuah sanggar atau sekolah mode. Ini juga penting karena anda akan memiliki tempat untuk berkompetisi di dalamnya.
Itu sedikit tentang apa yang harus disiapkan sebelum terjun menjadi seorang model. Sekarang selanjutnya adalah menentukan bidang model yang akan anda geluti sebagai seorang model profesional. Berikut adalah contoh yang bisa anda pilih :
Model Plus size ;
Maksud dari ini adalah apabila ukuran tubuh anda memang ekstra tak menutup kemungkinan memilih dunia model ini. Dunia model bagi mereka yang akan berperan atau melakoni karakter  tertentu.
Model Catwalk ;

Dunia model yang bisa anda pilih secara khusus untuk memperagakan busana karya seorang desainer. Biasanya bidang ini membutuhkan tuntutan tertentu yakni fisik yang tak kurang dari 170cm dengan berat badan yang proporsional.
Model Underwear :
Dunia model ini tentu tuntutan utama haruslah seksi, bersih, proporsional. Dan tentu butuh mental yang kuat juga untuk menjalaninya. Harus model yang sadar benar bila memilih bidang ini. 
 
Model Iklan :
Model yang bisa dipilih juga saat ini dengan berkembangnya dunia pertelevisian dan media masa. Biasanya multi talent di butuhkan di sini. Selain fisik yang bagus juga harus mampu dalam seni peran tentunya karena tak jarang membutuhkan adegan-adegan yang membutuhkan akting.
 
Model Foto/Video :
Bidang model selanjutnya yang bisa anda pilih dengan syarat harus memiliki wajah yang tentunya fotogenik atau dengan kata lain kecantikan anda menjadi semakin terlihat lebih cantik dalam bingkai sebuah gambar.
Ini beberapa hal yang semoga bermanfaat bagi anda para wanita yang ingin menekuni bidang ini. Tentunya menjadi model terkenal seperti Dian sastro, Nadya hutagalung, Jihan fahira atau Arzzeti adalah impian tersendiri bagi anda wanita calon model dan model. Dan jangan lupa untuk mempromosikan profil anda dalam berbagai event maupun media dengan mengirimkan profil foto anda. Ini penting agar anda dikenal dan dilirik oleh sebuah rumah industri bidang ini tentunya. (teraswarta)