Safety Riding

TERASWARTA – Opini | Lalu lalang kendaraan saat ini sudah hal wajar bahkan di Yogyakarta pun sudah mulai terjadi kepadatan arus lalu lintas di beberapa titik. Pada jam-jam tertentu seperti di jalan Affandi (jl. Gejayan) kemacetan terjadi pada jam-jam keberangkatan dan kepulangan kerja atau kuliah. Di jalan Nyi Condro lukito (jl. Monjali) hampir di setiap jam, hal ini dikarenakan terjadinya pengalihan arus akibat pembangunan fly over di perempatan jombor yang belum juga terselesaikan sampai saat ini.

Kemacetan-kemacetan di atas tentunya juga membawa dampak harus adanya ekstra kehati-hatian tentunya. Hal ini sebenarnya memang harusnya di lakukan setiap saat selain bagaimana cara kita berkendaraan.
Teraswarta.com kali ini secara khusus menyajikan topik bagaimana cara berkendaraan yang baik, aman dan tepat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam safety riding diantaranya adalah sebagai berikut :
 
Lakukan pengecekan kendaraan :
Sebelum anda memulai perjalanan pastikan bahwa kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik. Cek bensin, oli, rantai , ban, aki, baut mur, kaca spion, kopling dan juga rem. Ini terutama hendaknya anda lakukan pada saat akan perjalanan jauh seperti saat mudik.
Lakukan pengecekan surat-surat kendaraan :
Sebelum anda memulai perjalanan pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan anda seperti Sim, STNK, dan kelengkapan lain anda bawa dalam perjalanan anda. Surat-surat tersebut sebagai bukti sah ijin berkendaraan anda juga kesahan surat-surat kendaraan anda. Hal tersebut juga untuk mengantisipasi bila ada pengecekan surat-surat oleh pihak berwajib.
Lakukan penggunaan pakaian berkendaraan yang aman :
Dalam berkendaaraan gunkan helm yang standar, full face atau half face dengan kaca penutup yang bersih, sarung tangan yang mampu menyerap keringat serta jangan lupa memakai jaket yang tebal sebagai pelindung badan anda. Gunakan juga sepatu yang nyaman dan aman gabi lapisan seluruh lapisan kaki.
Lakukan cara santun berkendaraan :
Hal ini perlu anda lakukan agar perjalanan anda aman dan nyaman. Salinglah menghormati pengguna jalan lain, berjalanlah dengan kecepatan yang seharusnya, berjalan pada lajur atau jalur yang seharusnya selain anda juga harus selalu mentaati rambu-rambu jalan yang ada.
Hal di atas adalah sedikit catatan tentang bagaimana berkendaraan yang aman terlebih saat menghadapi masa libur lebaran yang akan datang. Mari bersama saling menjaga dalam berkendaraan agar aman dan nyaman dalam menempuh perjalanan sehingga sampai di rumah atau tempat tujuan dengan selamat. (chip)