Bukit bintang

TERASWARTA – Wisata | Apabila anda sekalian pergi ke Gunungkidul, tentunya anda akan melewati jalan menanjak setelah daerah Piyungan. Ada lantas akan  akan menemukan belokan yang dikenal dengan “bokong semar”.

Tak jauh dari situ anda akan menemukan tempat yang ramai dengan warung-warung makan bahkan penginapan. Di sinilah terdapat tempat yang dinamakan bukit bintang. Sebetulnya namanya adalah bukit Hargo Dumilah. 
Dulu sekali tempat ini sepi, tak seramai saat. Terdapat sebuah tugu dengan tanah yang tak terlalu luas sebagai tempat beristirahat ditengah perjalanan semisal dari pantai atau sebaliknya semisal dari Yogyakarta.  Cukup sejuk memang di atas bukit ini terlebih  anda akan bisa memandang kota Yogyakarta dari berbagai penjuru.  Pada  siang hari apabila keadaan cuaca bersih, indahnya pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing berdiri tegak memamerkan pesonanya dari kejauhan bisa dilihat dari tempat ini. Anda juga akan bisa memandang candi prambanan yang megah.  
Keindahan inilah yang rupanya lambat laun mengundang perhatian banyak orang untuk berkunjung. Saat senja mulai datang biasanya sudah banyak orang yang datang ke tetempat ini terutama para muda. Menikmati perjalanan sang matahari yang mulai beranjak ke peraduannya sampai malam datang.
Nah, di sinilah pemandangan indah akan didapatka lagi. Kerlap-kerlip lampu kota piyungan dan sekitarnya akan nampak dari ketinggian. Seolah bintang-bintang yang bertaburan di langit. Keindahan yang jarang ditemukan tentunya di Yogyakarta ini kecuali di tempat ini.
Sambil menikmati pemandangan ini anda bisa sambil menyantap makanan yang bisa anda beli di sana mulai dari kelapa muda, mie rebus atau goreng, sampai dengan bakaran jagung.  Warung-warung juga telah dibangun sedemikan rupa agar bisa menghadap keindahan ini.
Bagi yang datang dari luar kota, di tempat ini juga terdapat penginapan yang bisa menjadi tempat anda beristirahat lebih lama tentunya. Satu yang perlu diingat adalah kehati-hatian anda tentunya. Pertama karena tempat ini berhubungan langsung dengan kedalaman lembah tentu anda harus duduk dengan benar, tidak bercanda berlebihan apalagi saling dorong atau lari-lari. Dan yang kedua saat menyeberang, hal ini lantaran tempatnya berada di antara kelokan-kelokan jalan yang cukup padat lalu lintasnya.
Selamat mencoba wahana wisata alam ini. Tempat yang dapat menjadi pilihan anda untuk menghilangkan kepenatan setelah seharian bergelut dengan beragam aktivitas keseharian anda. (chipriant)