Parangtritis dan mitos ratu Laut Selatan

TERASWARTA – Wisata | Yogyakarta adalah kota dengan sejuta obyek wisata yang tak akan habis dibicarakan meski tiap hari dibahas. Akan selalu ada tempat-tempat baru yang muncul membawa cerita dan keindahan masing-masing. Yogyakarta masih akan menjadi tempat yang sangat bersahabat untuk berlibur bersama keluarga.
 
Apabila bila anda berlibur lebaran nanti, ada satu pantai yang terletak kurang lebih 27 kilometer dari pusat kota yogyakarta. Sebuah pantai yang tak asing kita dengar dengan keindahannya. Satu-satunya pantai yang juga  terkenal dengan gumuk pasirnya (gurun pasir). Pantai dengan ombak besar yang menawan untuk dinikmati dengan sapuan angin laut yang membawa kesejukan tersendiri bagi anda untuk refreshing tentunya.
 
Pantai Parangtritis adalah nama dari obyek wisata ini. Sebuah pantai yang juga lekat dengan legenda Ratu laut Kidul atau yang akrab dengan sebutan Nyi Roro Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Bahkan tak jarang pada hari-hari tertentu dijadikan sebagai tempat upacara adat. Mitos tentang ratu Laut selatan ini menjadi sisi cerita lain yang banyak jadi perbincangan sampai dengan saat ini. Mitos sosok penguasa laut selatan yang seolah telah melekat dalam hati masyarakat yogyakarta pada umumnya.
 
Di pantai ini juga terdapat berbagai macam arena rekreatif yang lain seperti andong yang bisa anda sewa untuk menikmati pemandangan di sepanjang pantai. Bisa juga anda sewa kendaraan khusus seperti ATV ( All Terrain Vechile) untuk merasakan sensasi berkendaraan dalam arena berpasir.
 
Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama anak-anak. Ada penjual layang-layang yang bisa anda beli untuk anak-anak bermain. Angin laut akan membantu terbang sang layang-layang ke tingginya langit. Bila perlu siapkan layang-layang dari rumah anda dengan bentuk dan ukuran yang anda suka.
 
Apabila senja mulai datang pantai ini juga akan menyediakan fenomena keindahan yakni proses terbenamnya matahari (sunset) yang akan sayang untuk diabaikan begitu saja. Senjaremang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan di permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis seiring terbenamnya sang mentari ke peraduan malamnya. Pantai yang juga dengan gugusan karang begitu indah sebagai  tempat  pemotretan anda bersama keluarga.
 
Satu hal yang perlu diingat adalah tentu kehati-hatian anda bila bermain air di pantai ini. Hal yang sebenarnya harus dilakukan dimanapun hanya bedanya memang pantai ini memiliki ombak yang cukup besar jadi selalu waspada dan taati setiap nasehat dari para penjaga pantai atau team SAR yang ada di sana. (teraswarta)