Ndolalak seni budaya asli Purworejo

Ndolalak
TERASWARTA – Budaya | Suara gamelan yang bertalu disertai lantunan lagu-lagu dan barisan para gadis muda yang berjajar, bergerak serta menari indah energik. Begitu symponi dan teratur indah, dengan pakaian yang semarak penuh warna yang kemudian saya tahu mereka  ini sedang menarikan  tari Ndolalak.Ingin tahu lebih banyak tentang tarian ini, saya membaca berbagai tulisan di media online dan juga betanya pada masyarakat yang hari ini saya temui di sana (purworejo). Nama tarian Ndolalak ini konon  berasal dari ucapan-ucapan dari para gembala yang menirukan lagu-lagu yang di nyanyikan oleh para tentara belanda yang notabene saaat itu di dominasi oleh nada do-la-la. Lagu-lagu ini biasa dinyanyikan para serdadu saat mereka berdansa.Para penari Ndolalak saat ini mayoritas adalah para wanita dengan pakaian layaknya seorang serdadu belanda lengkap dengan pangkat di pundaknya, topi, dan kacamata hitam. Di dalam tariannya tak jarang atau biasanya ada  yang kemudian di rasuki oleh roh sehingga mereka menari dengan begitu atraktif, kadang lucu meski di luar kesadaran mereka. Berbagai permintaan dari sang roh yang merasuki harus di penuhi seperti mengajak penonton menari atau bahkan mencoret-coret muka sang penonton dengan tepung. Tak jarang sang wanita penari Ndolalak yang dirasuki roh tersebut juga memakan sesaji yang ada seperti bunga, dll, hal ini yang menarik dan di nanti-nanti oleh para penontonya. Maka di sini pun juga ada “juru kunci” yang selalu menyertai aksi tari Ndolalak ini yang akan menjadi juru sembuhnya.

Segala kisah misteri dan keanehan yang terjadi dalam tarian Ndolalak ini banyak meminta perhatian orang mencari orang untuk tahu lebih banyak jadi layaklah bila banyak yang mencari tahu cerita tentang tarian ini melalui media-media yang ada.

Lepas dari semua itu kesenian yang merupakan ciri khas masyarakat purworejo ini kiranya layak untuk dilestarikan, dikembangkan dan di kenalkan kembali kepada para penerusnya sehingga nilai-nilai sejarah, moral dan budaya yang terkandung di dalamnya dapat lestari. (chipriant)