Menariknya Bisnis di Pasar Keuangan dan Apa yang Perlu Diperhatikan

trading-joy

foto by mindmuscles.com

TERASWARTA – Warta | Kita tentu sering mendengar ada sebagian orang mempunyai penghasilan sampingan bahkan penghasilan utama dari pasar keuangan. Bisnis yang mudah dilakukan dimana saja dengan jaringan online dan fasilitas komputer yang sekarang ini mudah didapatkan seperti smartphone, android, ipad, tab,laptop atau pc. Transaksi di pasar keuangan ini biasa disebut dengan trading.

Trading di pasar keuangan merupakan hal yang biasa di lakukan masyarakat di negara-negara maju. Seperti juga yang berkembang di Indonesia sebagai negara berkembang. Kemajuan perdagangan di pasar keuangan cukup baik. Mereka mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan di pasar keuangan sebagai pengahasilan tambahan atau biasa disebut pasif income bahkan ada yangmenjadikan sebagai penghasilan utama.

Pasar keuangan adalah sebuah mekanisme dimana orang dapat melakukan transaksi jual atau beli surat-surat berharga (obligasi dan saham), komoditi (logam mulia dan produk pertanian), dan beberapa produk lainnya.

Tempat untuk transaksi pasar keuangan adalah bursa. Bursa di Indonesia dikenal ada 2 yaitu bursa saham dan bursa berjangka.

Bursa saham adalah tempat untuk jual dan beli saham dan di Indonesia diselenggarakan oleh Bursa Efek Jakarta (BEJ). Sedangkan bursa berjangka adalah tempat untuk jual dan beli kontrak berjangka, option untuk valuta asing, indeks saham, saham, dan komoditi dan beberapa instrumen keuangan lainnya. Bursa berjangka Indonesia diselenggarakan oleh Bursa Berjangka Jakarta dan Bursa Komoditi Derivatif Indonesia.

Sebelum kita memutuskan untuk terjun di bisnis trading ini, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu seluk belukperdagangan di pasar keuangan seperti mengetahui produk-produk dan karakteristiknya,  memilih perusahaan pialang yang resmi, mempelajari cara-cara transaksi trading, mempelajari teknikal dan fundamental pasar, mengkalkulasi tingkat risiko, dan mempelajari manajemen modal.  Bisnis di pasar modal sama halnya bisnis yang lain, memerlukan kesiapan dana, kesiapan mental dan strategi dalam menjalankannya.

Di Indonesia banyak sekali perusahaan pialang yang memberi fasilitas kepada para pebisnis yang terjun di pasar keuangan dengan fee yang ditentukan masing-masing perusahaan pialang.  Service dari fundamental dan teknikal biasanya mudah untuk diakses. Hanya saja yang terjadi di masyarakat, banyak yang belum mengetahui apa itu pasar keuangan dan apa nilai peluangnya.

Untuk masuk di pasar modal ada beberapa tips antara lain :

  •  Memilih perusahaan pialang yang resmi dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan   Berjangka Komoditi)
  •  Pastikan perusahaan pialang terdaftar sebagai anggota di Kliring Berjangka Indonesia (KBI)
  •  Pastikan perusahaan pialang yang dipilih menggunakan rekening terpisah (segregated account)
  •  Pastikan sudah memahami teknikal dan fundamental dalam trading
  •  Pastikan dana yang dipakai bukan uang dari kredit atau dana utama
  •  Pastikan memperoleh penjelasan mengenai risiko oleh wakil pialang dari perusahaan pialang yang dipilih pada saat penandatangan agreement
  •  Pastikan penarikan dananya mudah
  •  Pastikan tidak ada janji fix profit

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua yang akan bergabung bisnis di pasar keuangan atau bagi sahabat teras dalam menambah wawasan dan pengetahuan.