Membaca “Budaya Kelautan” Lebih Dekat di ArtJog13

ArtJog

TERASWARTA – Budaya | Yogyakarta sedang gencar berbagai macam acara baik yang sekelas festival maupun art fair. Event di bulan Juni sampai dengan Juli 2013 semakin kreatif dan banyak variasinya. Sebut saja perhelatan pameran seni visual yang cukup tersohor yaitu ARTJOG 13. Diselenggaraka mulai 6  – 20 Juli 2013 di Taman Budaya Yogyakarta.

 Dalam jumpa pers pada Jumat 5/7 di Pub Med Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Satriagama  Rakantaseta selaku Director menyebutkan “bahwa pameran ini diikuti ole 118 seniman dengan mengambil tema yang sarat Maritim Culture”. Pameran ini telah dibuka pada Sabtu 6/7/13 jam 19.00 wib oleh Ir. M. Hatta Rajasa di Taman Budaya Yogyakarta.

 “Tema tahun ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari ArtJog sebelumnya, bahwa budaya kelautan menjadi ciri khas bangsa Indonesia ini”, ungkap Bambang Toko sebagai Kurator. Selain pameran terbesar karya-karya seniman Yogyakarta, kegiatan selama pameran juga terdiri antara lain art discussion, pertunjukan Papermoon Puppet Theatre, dan studio visit ke rumah seniman yang ditunjuk.

 Dalam acara tahun ini menghadirkan commission work oleh seniman Iwan Effendi feat Papermoon Puppet Theatre. Memamerkan karyanya di depan Taman Budaya Yogyakarta berupa instalasi dan boneka dalam komedi putar berjudul “Funding Lunang”. “Seniman desainer ahli tipografi dari Amerika turut dalam special presentation yaitu Stefan Sagmeister” tambah Bambang Toko.

 ArtJog 13 juga diharapkan muncul seniman muda yang berpotensi sehingga dalam acara tahun ini masih diadakan Young Artist Award. Selain itu adanya program terseleksi yang akan mendapatkan dana hibah dan mengikuti residensi di Berlin Jerman” papar Satriagama Rakantaseta. Bagi pelajar dan mahasiswa juga diadakan lomba penulisan esai tentang ArtJog13. Pameran ini mampu mengundang animo masyarakat Yogyakarta untuk lebih dekat lagi mengapresiasi karya seniman tentang budaya kelautan di Indonesia. Apalagi acara ini digelar di pusat kota Yogyakarta dan masih dalam suasana liburan sekolah. [EAW]