Langkah Jitu atasi Kebutuhan Pokok
TERASWARTA – Opini | Salam teras. Sahabat teras yang baik, saat ini kebutuhan hidup dan segala aspek di dalamnya membutuhkan penanganan tersendiri. Hal ini berawal dari kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Kebijakan yang lantas mau tak mau membawa pula pada dampak naiknya harga kebutuhan pokok. 
 
Akan menjadi sebuah masalah besar tentunya di dalam keluarga Anda saat harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan dari hari ke hari. Masalah ekonomi bisa menjadi pemicu juga munculnya masalah-masalah lain. Hal ini yang harus sahabat teras hadapi dengan langkah bijak. Perlu adanya siasat dalam pengelolaan keuangan dalamm menghadapi keadaan seperti saat ini.
Sahabat teras yang baik. Hari ini catatan redaksi ingin mengutarakan beberapa tips bagaimana menyiasati harga-harga yang mulai naik tersebut. 
 
1.    Komunikasi terbuka
 
Ini perlu sahabat teras lakukan kiranya dalam keluarga. Hal ini untuk meyiasati apa yang urgent untuk dibeli atau tidak. Akan menjadi penting juga dalam mengetahui apa yang di butuhkan dari masing-masing anggota keluarga.
 
2.    Daftar Belanja
 
Ini perlu sahabat teras tentukan sebagai langkah untuk mengontrol pengeluaran agar tidak terjadi pengeluaran-pengeluaran tak berarti di luar yang telah sahabat teras daftar dalam catatan. Artinya daftar kebutuhan pokok anda telah terpenuhi sebagai hal utama tentunya.
 
3.    Jadwal belanja
 
Ini perlu sahabat teras lakukan sebagai langkah mengatasi pola tidak disiplin kita yang manusiawi. Munculnya keinginan-keinginan membali sesuatu yang begitu saja hadir tanpa kita duga. Dengan menjadwal belanja harapannya apa yang menjadi kebutuhan pokok kita telah terpenuhi lebih dulu. Selain sebagai cara mengatasi dana yang minim juga.
 
4.    Belanja dalam partai besar
 
Ini perlu sahabat teras lakukan sebagai langkah mengatasi kebiasaan membeli barang dalam eceran. Apabila kita sadari sungguh-sungguh sebenarnya membeli pada jumlah eceran itu lebih mahal jatuhnya. Ini bisa kita ketahui sebenarnya dengan membandingkan harga eceran atau partai besar. Ada alasan memang bahwa tak membutuhkan banyak dan sebagainya, namun hal ini berhubungan dengan point no 2 yakni daftar kebutuhan pokok Anda.
 
5.    Belanja di Toko Grosir
 
Ini perlu sahabat teras lakukan mulai kini. Hal ini mengingat perbandingan harga di toko grosir memang biasanya lebih murah di bandingkan dengan toko kelontong atau ecer lain. Ini juga sejalan dengan point-pont di atas. Dan biasanya juga tersedia barang-barang dengan hargo promo, maka jadikan sebagai pilihan anda.
 
6.    Pilih produk Generik
 
Hal ini perlu sahabat lakukan sebagai langkah selanjutnya. Pada kehidupan harian kita saat ini tak perlu malu dengan produk generik. Banyak anggapan menggunakan produk generik itu murahan atau apalah namanya, padahal sebenarnya produk generik ini adalah produk yang di keluarkan oleh semisal swalayan atau toko yang membuat sebuah produk sendiri lalu biasanya membuat nama atau merk sendiri. Biasanya juga produk ini memang lebih murah dengan kualitas yang hampir sama, sama atau bahkan lebih baik.
 
Sahabat teras yang baik. Catatan redaksi akan berusaha mencari tips-tips bagi anda dan kita yang sekiranya membawa manfaat untuk kehidupan keseharian kita.
 
Selamat berbelanja dengan lebih bebas dan puas menuruti segala rencana dan kebutuhan Anda yang tentunya selaras dengan hal-hal di atas. Semoga manfaat.  #salamteras
 
(ilustrasi/foto *anneahira.com)