Keindahan Waduk sermo dikenal tak hanya di Indonesia

Waduk Sermo
 TERASWARTA – Wisata | Jajaran pegunungan menoreh seolah menjadi pembatas sebuah danau yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo ini. Sebuah danau buatan yang dibuat pada masa pemerintahan Suharto. Danau yang menawarkan keindahan tersendiri, terlebih di saat ini pembangunan telah menyentuhnya sehingga semakin mudah akses menuju kesana.Dari alun-alun wates anda cukup berjalan ke arah barat menuju desa kokap. Di sepanjang jalan yang berkelok juga menawarkan pemandangan pedesaan yang masih cukup udaranya untuk dihirup. Bahkan saat mulai memasuki wilayah hutan gemulung anda bisa juga berfoto-foto di sana dengan latar belakang alam yang masih asli. Tak sedikit juga yang menjadikan hutan ini untuk foto-foto pra nikah atau sekedar foto-foto bareng dengan teman atau keluarga. Di sini juga tidak menutup kemungkinan menjadi tempat refresihng dengan keluarga lantaran kesejukan yang dihadirkan oleh rindangnya pepohonan. Anda bisa membawa tikar dan makanan secukupnya di sini, bapak dan ibu menyiapkan segala sesuatunya dan anak-anak anda bisa bermain-main. Bisa belajar juga mengenal alam dan keindahannya.

Kembali ke topik waduk sermo ini, luasnya memang tak bisa diabaikan begitu saja. Cukup harus menebalkan pantat juga bila anda mengelilinginya lho. Team teras warta mencoba mengelilingi dari pasar Klepu ke bawah dan walhasil butuh waktu lebih dari setengah jam untuk sampai di bendungan pusat.
Di pusat bendungan telah disediakan tempat parkir luas yang cukup aman untuk kendaraan anda. Selanjutnya anda bisa melanjutkan rekreasi anda dengan bebas dan santai. Terdapat juga anjungan atau semacam dermaga untuk bersandar perahu-perahu kecil yang siap mengantar anda berlayar mengelilingi danau ini. Danau air tawar yang cukup menawan.
Bagi anda yang suka memancing, tempat ini juga terkenal dengan ikan-ikan mujair, nila, red devil, atau juga gabus yang bisa anda tangkap. Pada hari-hari biasa banyak yang memancing di tempat ini. Pemancing yang dating dari berbagai tempat seperti dari bantul, sleman atau yogya kota. Umpannya juga bisa apa saja mulai dari cacing sampai udang-udang kecil. Semakin lengkap bukan keasyikan dan panorama keindahan yang bisa didapatkan diwaduk sermo dan sekitarnya ini. Menyoal hal makan tentu juga tak akan kesulitan lantaran ada beberapa warung ditempat ini yang menyediakan berbagai menu seperti nasi rames, mie ayam atau juga ikan bakar.
Pada waktu lalu bahkan tempat ini dijadikan sebagai ajang festifal budaya dan kesenian tradisional yang bekerja sama dengan negara Australia, jadi bisa dipastikan bahwa tempat ini memang layak menjadi perhatian pemerintah pada khususnya dan kita pada umumnya agar bisa semakin lestari dan berdaya guna. Salah satunya adalah dengan mengunjunginya tanpa merusak alam yang ada di Waduk Sermo dan sekitarnya ini. Dan satu lagi mempromosikan kepada siapa saja tentang potensi semacam ini. (chipriant)