Harga Emas Kian Melaju
TERASWARTA – Warta | Terjadinya pelemahan Indeks Dollar  terhadap beberapa mata uang utama pada hari jumat , mendorong naiknya harga emas dan ditutup naik hampir 1% di dekat level tinggi 1 bulan. Hal ini terjadi seiring meredanya kecemasan investor bahwa Federal Reserve akan menarik stimulus moneter dalam waktu dekat.

Gubernur Fed Ben Bernanke mengatakan pada konggres bahwa rencana bank sentraluntuk mengurangi pembelian asset tahun ini masih belum pasti dan tergantung oleh kekuatan perekonomian. Kebijakan moneter yang sangat longgar, dimana terus menekan tingkat suku bunga,  tetapi memicu kecemasan terjadinya inflasi.

Apabila harga emas break ke level $1.305, maka harga inilah yang menjadi penentu harga emas akan bullish. Apabila indeks dollar terus melemah, harga emas yang diperdagangkan dengan mata uang Dollar akan lebih murah untuk pemegang mata uang lain sehingga akan meningkatkan permintaan fisik emas.

Permintaan fisik yang tinggi di enam hari perdagangan mendorong harga emas kian melaju.Hal ini disebabkan pengguna akhir di seluruh dunia ramai-ramai membeli emas untuk mengisi persediaan dengan harga yang relatif rendah. (Christin)