Gua Maria Tritis Yang Fantastis

Mendengar kata gua di daerah Gunungkidul biasanya yang ada dalam ingatan kita adalah terdapatnya gua pindul, gua jomblang, atau yang lain. Namun di sisi lain dari gua-gua yang rupanya secara khusus ada sebagai tempat Ziarah atau bisa juga sebenarnya jika saat-saat ini muncul istilah wisata Religi.
Gua Maria Tritis adalah salah satu Gua di mana para umat Katolik datang secara khusus untuk berziarah. Gua ini hampir setiap ada saja yang datang untuk berdoa di tempat ini. Hanya saja pada bulan-bulan tertentu seperi bulan Mei dan Oktober akan ada kunjungan yang lebih ramai. Hal ini juga dikarenakan pada bulan-bulan tersebut merupakan bulan maria yakni adanya devosi secara khusus kepada Bunda Maria yang dalam agama Kristiani dikenal sebagai tokoh Ibu dari Yesus.
Gua Maria terletak di sebelah selatan kota wonosari Gunungkidul yang bisa di tempuh kurang lebih 20-30 menit dari titik 0 kota atau alun-alun Kabupaten Gunungkidul. Akan ada panorama lain jika anda melalui jalan paliyan atau arah belok kanan sebelum masuk kota wonosarai. Lebih tepatnya lewat jalan playen, paliyan. Nantinya akan anda temukan banyak penunjuk jalan menuju ke sana. Atau bisa juga anda melalui rute yang biasannya yakni ke arah pantai baron sampai nanti anda temukan penunjuk lokasi gua Maria Tritis.
Dalam perjalanan menuju kesana akan ada banyak pemandangan menarik diantaranya turun naiknya jalan yang kita lalui meski tak seberapa sebenarnya, ditambah lagi dengan jajaran bukit-bukit yang seolah tertata rapi sebagai benteng antara lautan selatan dan daratan meski memang harus cukup berhati-hati juga dalam perjalanan ke sana terlebih di saat musim penghujan.
Sesampainya di sana, anda memang harus berjalan kaki masuk ke dalam dengan jarak yang cukup menantang, terlebih bila melalui rute jalan salib hanya jangan khawatir sesampainya di Gua anda akan disuguhi dengan keagungan ciptaan Tuhan. Gua Maria Tritis yang menyuguhkan pemandangan yang fantastis dan keheningan tersendiri.
Akan anda temukan sebuah bukit menjulang dengan lubang menganga besar sehingga bisa ratusan bahkan mungkin lebih bisa masuk kedalamnya. Anda akan disuguhi ruangan gua penuh dengan stalagtit/langit-langit gua yang sensasional dan kesejukan didalamnya oleh tetesan air dari langit-langit gua tersebut.
Cukup pantas memang jika tempat inilah yang banyak dijadikan orang untuk menenangkan diri, terlebih di hari-hari di luar bulan maria. Rasanya tak ada ruginya bila anda mencoba datang ke sana di lanjutkan dengan perjalanan menuju pantai Baron, Kukup atau krakal yang tak cukup jauh jaraknya dari sana. (chipriant/*foto dari smartiechoice)