Gangguan kesehatan saat puasa dan trik serta tips mengatasinya

Ilustrasi tips kesehatan
TERASWARTA – Tips | Masa puasa telah tiba beberapa hari yang lalu, ini artinya akan masih panjang hari-hari kesudahan masa puasa. Maka satu hal yang harus kita ingat tentunya adalah bagaimana menjaga diri kita agar tidak justru menjadi sakit di saat menjalankan ibadah puasa. Maka agar mampu bertahan hal seperti ini yang sebaiknya kita lakukan
Konsumsi menu makanan seimbang :  

Hal ini bisa di lakukan dengan cara menyiapkan menu-menu yang diatur dengan baik agar memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan juga harus di konsumsi secara teratur saat sahur dan saat berbuka puasa. Dan perlu di ingat juga untuk tidak makan terlalu berlebihan.
Kunyah makanan lebih lama : 
Mungkin ini hal sederhana tetapi sebaiknya ini dilakukan agar makanan dapat dicerna dengan lebih baik oleh organ pencernaan kita terlebih di saat puasa.  

Cukup minum : 
Minum ini harus di konsumsi lebih, usahakan sampai kurang lebih delapan liter dalam satu hari.

Konsumsi buah-buahan : 
Perlunya juga buah-buahan yang kita konsumsi agar memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh atau bila perlu juga makan yogurt yang mengandung probiotok yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Tidur teratur dan cukup : 
Hindari di masa puasa seperti sekarang untuk tidur terlalu larut, dan bila ada kesempatan untuk istirahat di siang hari gunakanlah sebaik mungkin.
Jika ditinjau dari manfaat sebenarnya puasa itu sendiri memiliki manfaat dan kebaikan untuk tubuh kita yang bisa kita temukan di berbagai artikel yang mengupas tentang hal tersebut.  Namun, perlu diketahui juga ada beberapa gangguan  kesehatan yang biasanya terjadi di masa kita berpuasa. Beberapa komplikasi kesehatan yang sering terjadi yaitu :
Dehidrasi :Ini adalah merupakan hal yang umum terjadi selama berpuasa karena memang disadari   kehilangan cairan tubuh secara terus menerus. Hal ini berbeda dengan apabila tidak dalam masa puasa di mana kita bisa minum kapan saja tanpa ada halangan. Untuk mencegah hal tersebut maka sangat di sarankan minum yang cukup pada saat sahur di pagi hari atau saat setelah buka puasa.
Panas Dada (Heartburn) : Ini merupakan gangguan kesehatan yang di tandai dengan munculnya rasa seperti terbakar pada dada hal ini basanya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke saluran pencernaan lebih atas (kerongkongan). Saat kita puasa, asam lambung ini turun namun otak bisa terstimulasi untuk menghasilkan asam lambung lebih besar jika mencium aroma makanan sehingga bisa berakibat heartburn tersebut. Solusi yang dapat diambil untuk menjaga komplikasi heartburn ini yaitu dengan mengkonsumsi penetralisir asam lambung sebelum sahur. Juga disarankan untuk menghindari makanan yang berminyak seperti gorengan dan makanan yang terlalu pedas.
Sakit kepala : Sakit kepala biasanya terjadi karena dehidrasi, kelaparan dan istirahat kurang baik. Sakit kepala ini dapat dicegah dengan cara makan sahur yang disertai dengan minum cairan yang cukup. Jika diperlukan, obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dapat dikonsumsi. Sakit kepala juga dapat dihindari dengan tidak berada pada cahaya matahari langsung. Gunakan topi atau kacamata yang dapat menahan sinar matahari saat bepergian.
Kiranya ini sedikit tips untuk mengupayakan agar puasa kita lancar tanpa gangguan kesehatan yang justru akan merepotkan. (/*berbagai sumber)