Foto : Tabunganemas.net

Foto : Tabunganemas.net

TERASWARTA – Warta | Harga emas melonjak di dekat level tertinggi seiring pelemahan Dollar dan meredanya kecemasan investor bahwa The Fed akan menarik stimulus moneter dalam waktu dekat. The Fed meredakan pasar dengan mengatakan pada Konggres bahwa rencana bank sentral untuk mengurangi pembelian asset tahun ini masih belum pasti dan tergantung oleh kekuatan perekonomian.

Sementara itu, China mengubah aturan pinjaman yang semakin mendorong investor berspekulasi bahwa harga emas mungkin akan naik. Harga emas Senin (22/7), menguat 1.8% di level $1318.74 per troy ons tertinggi sampai dimuatnya tulisan ini, dan terendah $1295.91 per troy ons. Harga emas naik 0.8% pada pekan lalu, dan ditutup dengan penguatan kembali untuk tingkat mingguan sejak bulan Mei. Hal ini terjadi setelah Bernanke mengindikasikan bahwa terlalu cepat memutuskan untuk memulai pengurangan pembelian obligasi, yang menyebabkan melemahnya Dollar.

Pada tanggal 19 Juli The People Bank of China (PBOC) mengatakan bahwa mereka mengakhiri batas bawah suku bunga pinjaman kredit, merupakan sebuah langkah yang mungkin menawarkan konsumen untuk memiliki lebih banyak kemampuan untuk membeli. Pernyataan Bernanke minggu lalu di hadapan senat, menghapuskan spekulasi penghentian stimulus. Sebelumnya diprediksi bahwa The Fed akan memulai mengurangi atau menghentikan stimulus pada awal bulan September.

Fed juga mengatakan akan mengawasi perubahan kondisi ekonomi secara seksama sebelum mereka memulai kebijakan mengurangi stimulus. Hai ini yang mendukung rallynya harga emas, serta adanya faktor pembelian fisik emas di Jepang, India dan China. Kurang lebih masih menjadi topik yang sama seperti hari-hari kemarin. Data WGC (World Gold Council), impor emas oleh India naik lebih dari 900 ton di tahun 2013, sedangkan tahun lalu naik 860 ton, sementara China mencapai 1000 ton.

Analisa teknikal di minggu ini diperkirakan memiliki peluang bullish menembus 1300 sebagai resistance dan menuju 1325. Pada minggu lalu pola candle bullish long shadow, yang member indicator bullish. Koreksi harga ke support 1273, memberi kesempatan emas bearish. Bearis ini tentunya akan selalu didukung oleh faktor fundamental secara signifikan, dengan target support kedua di level 1265. (Christin)